November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bisnis Marketing Dengan Promosi Online

By admin - Mon Apr 30, 5:00 pm

Bisnis marketing akan sukses dengan dibantu oleh promosi online. Benarkah? Bisnis marketing dan promosi online memang seperti satu kesatuan yang saling mendukung. Promosi online merupakan kunci sebuah web yang akan banyak dikenal dan dikunjung oleh pengguna Internet. Program pemasaran benar-benar menjadi sangat ekonomis dengan menggunakan internet, namun bisa juga terjadi sebaiknya yaitu menimbulkan biaya yang sangat tinggi apabila tidak dengan tepat dan tanpa tujuan yang jelas dalam penggunaan fasilitas tersebut. Namun kemampuan dan manfaat internet untuk mendukung program pemasaran tidak lagi diragukan. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari pemanfaatan Internet untuk program pemasaran yang diperlihatkan pada the six online ROI models yaitu sebagai berikut: brand building, direct marketing, online sales, customer support, market research, content publishing/services.

Bisnis marketing

Yang pertama adalah brand building atau membangun citra. Membangun citra merek di masyarakat membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Kepedulian pelanggan terhadap suatu merek disebabkan oleh pengenalan yang mendalam tentang merek tersebut. Oleh karena itu, banyak perusahaan mengeluarkandana promosinya untuk memasang iklan di surat kabar, majalah, radio, televisi, atau brosur. Web sangat membantu membangun citra merek dengan biaya yang sangat efisien. Efektivitas web untuk membangun kepedulian pelanggan terhadap merek sudah dibuktikan oleh banyak perusahaan. Banyak iklan melalui berbagai media, yang sesungguhnya kurang mengajak pelanggan untuk lebih aktif mengenal merek tersebut. Web dapat menjadi referensi yang baik bagi pelanggan karena tersedia informasi yang gambling dan baik. Bahkan pelanggan merasa senang karena dapat memperoleh informasi.

Bisnis marketing juga membutuhkan aspek kedua, yaitu direct marketing. Web telah mampu mengingkatkan kepedulian pelanggan terhadap merek. Namun demikian para marketing masih menginginkan lebih dari itu. Marketing menginginkan pelanggan harus cepat dapat melihat, mengenal dan peduli terhadap produk atau merek yang diperkenalkan oleh perusahaan. Web memberikan kemungkinan untuk melakukan hal tersebut, bahkan pemasar dapat menghemat biaya cetak brosur, katalog atau profil perusahaan dan ongkos kirim kepada pelanggan.

Aspek ketiga yaitu online sales.  Transaksi melalui internet bukan lagi sesuatu yang mustahil dilakukan. Kenyataanya kita bisa melakukan kegiatan perdagangan atau bahkan distribusi melalui internet atau web. Penjualan secara online telah menjadi tren bagi banyak perusahaan.

Bisnis marketing juga membutuhkan aspek yang keempat, yaitu customer support.  Web telah menjadi primadona yang diserbu oleh banyak perusahaan yang memberikan dukungan pelayanan kepada pelanggannya. Melalui web tersebut perusahaan dapat memberikan berbagai informasi tentang pemeliharaan atau petunjuk penggunaan dan bahkan informasi tentang perbaikan apabila produk tersebut bermasalah. Banyak perusahaan memberikan informasi melalui tanya jawab (FAQ). FAQ ini berisi berbagai tanya jawab yang paling sering diungkapkan oleh pelanggannya. Melalui FAQ ini pelanggan dapat langsung memperoleh jawaban yang dicarinya. Aspek kelima adalah market research. Web membantu perusahaan untuk lebih mengenal pasar dan pelanggannya. Banyak webyang digunakan oleh perusahaan untuk penelitian pasar dan pelanggan denganpenyebaran kuesioner lewat web, pengisian guest book, dan berbagai cara lainnya. Darifasilitas itu perusahaan akan mudah memperoleh data demografi, geografi, atau data-data personal pengguna lainnya.

Aspek keenam adalah content publishing/services. Content Publishing/Services merupakan situs web yang menyediakan pelayanan isi situs berupa search engines, berbagai informasi tentang daerah atau hiburan, atau membantu memberikan informasi tentang informasi saham, dan sebagainya. Contoh contentpublishing/services ini adalah Yahoo!, Altavista, Excite, CNET, ESPN sprotszone, dan lainnya. Content Publishing ini tentu sangat mahal untuk dibangun oleh perusahaan kecil menengah. Namun demikian perusahaan kecil menengah dapat memanfaatkan dengan menempatkan situsnya di search engines tersebut sehingga pengguna internet dapat dengan mudah menemukan alamat perusahaan Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS