July 30 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CMostly Cloudy - Humidity: 83%
Advertisement

Bisnis Mainan Edukatif

By admin - Fri Oct 12, 4:56 pm

Mainan edukatif cenderung semakin popular akhir-akhir ini. Terbukti dengan semakin berkembangnya bisnis mainan edukatif dalam lima tahun terakhir. Bahkan ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa jika sebuah mainan ini didesain dengan baik, maka mainan ini bisa melatih organ-organ tubuh mereka dan juga bisa mengajarkan anak-anak tentang banyak hal. Setelah Anda mengetahui prospek bisnis mainan edukatif serta segmentasinya, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal saat mulai mengembangkan bisnis ini.

Mainan edukatifKetika kita ingin bisa berkecimpung di bisnis ini, kita sebaiknya bisa lebih kreatif dalam membuat desain. Dan ada satu keunggulan yang dimiliki produk Indonesia jika dibandingkan dengan produk China, yaitu bahan. Mainan yang diproduksi oleh Indonesia terkenal lebih baik kualitas bahannya karena terbuat dari kayu. Sedangkan untuk produk hasil dari China dibuat dari plastic yang tidak terjamin aspek keamanannya. Di Indonesia sangat melimpah bahan baku dengan harga yang murah. Sebut saja bahan sisa kayu dari pabrik-pabrik. Di Indonesia banyak sekali pabrik yang mengizinkan limbah kayunya diambil dengan gratis. Kalaupun dikenakan tariff, biayanya relative rendah.

Mainan edukatif tidak hanya bisa Anda buat dari bahan kayu, Anda juga bisa membuatnya dari bahan kain. Anda bisa memanfaatkan kain sisa. Anda bisa memanfaatkan sisa kain walaupun warna dan motifnya tidak sama. Karena motif dan warna yang tidak selalu eragam justru bisa menjadi sebuah kelebihan karena mainan bisa menjadi kaya warna dan lebih menarik. Ketika bisnis Anda ini sudah mulai berjalan mulus dan bisa dikatakan sukses, Anda harus mulai melakukan pengembangan. Misalnya dengan menyasar produk-produk perabot sekolah yang menarik bagi anak-anak. Misalnya lemari tas, rak buku, lemari mainan, lemari sepatu dan lain sebagainya. Untuk produk perabot ini, Anda juga bisa menawarkannya kepada pelanggan individu.

Nah, agar Anda bisa menjadi seorang pengusaha yang baik, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Perhatikan target usia yang Anda tuju. Hindari membuat mainan yang terlalu sulit atau terlalu mudah untuk setiap level.
  • Berkonsultasilah dengan pihak yang ahli di dunia anak. Misalnya psikolog, guru dan juga orang tua.
  • Kembangkan kreativitas. Coba gali lebih dalam lagi tentang apa yang bisa Anda kembangkan untuk mainan ini. Usaha Anda akan semakin menonjol jika Anda mampu menciptakan mainan yang tidak biasa tetapi tetap mendidik.
  • Cantumkan target usia. Anda harus membuat setiap kemasan mainan terdapat target usia agar konsumen bisa dengan mudah memilih mainan yang cocok untuk putra-putri mereka.
  • Sertakan instruksi penggunaan yang jelas di dalam kemasan. Jika bisa, instruksinya sebaiknya dalam bentuk tulisan dan gambar. Terutama sangat penting untuk mainan jenis baru yang tidak biasa ada di pasaran. Yang sering kita temui di pasaran adalah masih banyak produsen mainan yang seringkali lupa menyertakan instruksi tersebut yang akhirnya membuat orang yang baru pertama kali membelinya jadi kebingungan bagaimana menggunakannya.
  • Selalu mengutamakan keamanan mainan yang diproduksi. Buatlah mainan dalam ukuran yang besar jika ditujukan untuk bayi dan balita.
  • Mempunyai tenaga kerja yang terampil dan teliti. Karena mereka harus mampu membuat mainan dengan kondisi yang sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.
  • Gencarkan promosi. Misalnya sering mengikuti pameran, bazaar dan acara lainnya.
  • Beri nama pada usaha Anda agar lebih mudah dikenal.

Mainan edukatif juga harus menyertakan instruksi tentang apa saja yang boleh yang tidak boleh dilakukan pada mainan tersebut. Misalnya mainan ini tidak boleh terkena air, dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement