December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bisnis Indonesia Reksadana

By admin - Fri Jun 15, 5:23 pm

Bisnis Indonesia reksadana sedang sangat marak dan digemari banyak masyarakat. Bisnis Indonesia reksadana diminati karena dipercaya menawarkan keuntungan lebih. Reksadana merupakan investasi yang memelihara dana Anda. di dalam bahasa Inggris disebut sebagai mutual fund. Reksadana menawarkan berbagai macam instrument investasi, mulai dari saham sampai deposito. Dan yang paling disukai oleh masyarakat luas adalah bermain atau berinvestasi reksadana sangat mudah dan murah. Karena hanya dnegan minimal Rp 100.000 saja Anda sudah bisa bermain di pasar saham dan yang lain.

Bisnis Indonesia reksadana

Investasi ini juga termasuk dalam golongan liquid. Yang artinya, dana Anda bisa diambil atau dicairkan sewaktu-waktu. Proses pencairan ini bisa dilakukan dengan cara menjual unit penyertaan yang Anda miliki. Konsumen dan harganya juga sangat jelas, yaitu manajer investasi sebagai penjual awal. untuk harga, tentu sangat terbuka. Yaitu sesuai dengan nilai aktiva bersih (NAB). Untuk pemotongan biasanya terjadi untuk biaya penarikan. Reksadana menjadi jenis investasi yang diminati karena mempunyai resiko kerugian yang rendah. Hal ini dikarenakan reksadana menggunakan jenis diversifikasi.

Bisnis Indonesia reksadana merupakan bisnis yang paling diminati, salah satunya karena adanya diversifikasi ini. Diversifikasi adalah pemisahan dana pada beberapa instrument. Istilah umumnya adalah tidak menempatkan telur ke dalam satu keranjang. Itulah sebabnya setelah Anda memasuki pasar reksadana, maka dana Anda akan masuk ke dalam saham, pasar uang, maupun deposito secara otomatis karena sudah diatur oleh manajer investasi Anda. Kemudian Anda juga tidak perlu khawatir dengan kinerja manajer investasi karena manajer investasi mendaptakn pengawasan ketat dari regulator, yaitu Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Trnsparansi juga merupakan keunggulan bisnis reksadana ini. Karena di dalam bisnis ini, manajer investasi akan menyampaikan laporan kepada Bapepam-LK secara rutin. Berbicara mengenai resiko, walaupun relative rendah, tetapi saja ada kemungkinan untuk mendapati resiko kerugian di investasi ini. Resiko pertama adalah pada berkurangnya NAB. Misalnya akibat dari nilai saham atau surat utang yang dibeli menurun dan juga pasar sedang tidak bersahabat. Resiko kedua adalah gagal bayar atau wanprestasi dalam hubungan antara manajer investasi dan klien.

Bisnis Indonesia reksadana juga mempunyai resiko ketiga yaitu likuiditas. Penarikan dana besar-besaran atau model rush yang terjadi pada sebuah bank juga bisa terjadi pada reksadana. Tetapi ada dua hal yang harus Anda perhatikan agar terhindar dari resiko ini. Yaitu memilih manajer investasi yang mempunyai reputasi bagus, baik dari segi reputasinya dalam mengelola dana investasi maupun dari segi fundamental perusahaannya.

Jenis reksadana yang Anda pilih juga sangat menentukan resiko yang kemungkinan akan membayangi Anda. ada beberapa jenis reksadana, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran. Keuntungan reksadana yang paling disukai oleh masyarakat adalah untuk kondisi emergency, kita bisa mencairkan dana setiap saat (kurang lebih dana diterima 1 minggu dari waktu pencairan/redeem). Sekarang reksadana bisa dimulai dari RP. 100 ribu, jadi terjangkau oleh semua kalangan. Yang biasanya paling banyak diminati oleh masyarakat yang suka tantangan dan ingin mendapatkan return paling banyak yaitu reksadana saham. Reksa dana saham ini mengupayakan perolehan untung dalam jangka panjang sehingga tidak disarankan bagi investor dengan rencana horizon waktu jangka pendek. Reksa dana ini lebih dianjurkan untuk jangka waktu panjang (di atas 5 tahun) agar terhindar dari risiko fluktuasi harga saham yang relatif besar dan memperoleh keuntungan maksimum.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS