November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bisnis di Media Sosial dan Cara Memaksimalkan Potensinya

By admin - Mon Apr 15, 4:42 pm

Bisnis di media sosial membutuhkan teknik tersendiri untuk bisa bertahan dan menghadapi persaingan yang semakin tinggi. Bisnis di media sosial walaupun terlihat mudah tetapi membutuhkan keteguhan tersendiri agar bisa sukses, sama halnya dengan bisnis yang ada di dunia nyata. Kemajuan teknologi mendorong semua orang berlomba-lomba untuk membuat bisnis secara online. Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke dunia bisnis online dan dengan keunggulan yang bermacam-macam, antara lain jangkauan pasar yang sangat luas, biaya yang lebih murah serta lebih cepat. Jika dibandingkan dengan bisnis offline, bisnis online hanya membutuhkan modal yang lebih kecil.

Bisnis di media sosialTidak hanya di dunia luar yang mempunyai teknologi lebih canggih dan masyarakatnya sudah modern, tetapi juga di Indonesia juga masyarakatnya sudah mulai berbondong-bondong untuk memulai bisnis di dunia online. Bahkan dari survey yang dilakukan terhadap 200 UKM di Indonesia, sebanyak 29% penjualan UKM per tahun adalah hasil dari usaha online. Tetapi walaupun keuntungan yang dijanjikan sangat menggiurkan, hal ini belum bisa menjamin Anda akan mencapai kesuksesan di bisnis online. Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mulai mengembangkan usaha online, antara lain:

  • Awali usaha Anda dengan membuat website gratis. Ada banyak sekali fitur website gratis yang sudah memberikan fitur-fitur gratis untuk berjualan. Jadi, tidak ada salahnya Anda memanfaatkannya untuk memulai usaha Anda. Jadi, Anda juga bisa menghemat modal awal usaha Anda dalam pembuatan online shop. Selain itu, dengan membuat website gratis ini, Anda juga bisa melihat tingkat penjualan Anda.
  • Ujilah tingkat penjualan Anda. Bisnis di media sosial juga harus Anda uji kelayakannya. Salah satu keuntungan bisnis di dunia online yang bisa Anda dapatkan adalah fleksibilitas waktunya. Karena dengan membuat bisnis ini, Anda mempunyai lebih banyak waktu untuk menata bisnis Anda sesuai dengan keinginan Anda. Istilahnya, bisnis online anda adalah kanvas yang bisa menampung segala ide dan pesan yang Anda miliki. Nah untuk bisa menarik minat pengunjung, Anda juga harus bisa berkreasi dengan website Anda, misalnya dengan menampilkan desain yang jelas, membuat penawaran khusus dan juga mengubah teks website. Setelah semuanya selesai, barulah Anda mengukur respons pelanggan, maksimal lakukan satu bulan sekali. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui minat masyarakat terhadap produk yang Anda jual.
  • Penjualan delapan detik. Karena rata-rata seseorang akan bertahan untuk melihat website selama 8 detik saja. Jadi, untuk menarik minat konsumen, pasang produk unggulan Anda di halaman paling depan serta pastikan informasi penting terbaca dengan jelas.
  • Hati-hati dalam menggunakan media sosial. Bisnis di media sosial, seperti Twitter, facebook, dan lain sebagainya memang menggiurkan untuk berbisnis, tetapi sebaiknya jangan menggunakannya sebagai media promosi. Sebaiknya Anda membangun jaringan komunikasi dengan klien secara personal. Jadilah penjual yang profesional.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS