November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Berminat Menjajal Mirror Craft?

By admin - Wed Apr 17, 5:06 pm

Mirror craft atau yang lebih dikenal dengan kreasi kerajinan berbahan baku kaca sekarang ini sedang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Mirror craft ini tidak hanya diminati oleh pasar dalam negeri saja tetapi juga pasar Internasional, seperti Negara-negara di Asia dan Eropa. Jadi, mengapa Anda tidak ikut menggeluti dunia kerajinan yang menggiurkan ini? tetapi untuk bisa menarik pangsa pasar sampai Internasional, Anda juga harus bisa berkreasi seunik dan secantik mungkin. Produk-produk kerajinan kaca yang bisa Anda produksi antara lain lampu hias, cermin hias, tempat tissue, lampu gantung, asbak, dan lain sebagainya.

Mirror craftLangkah awal untuk memperkenalkan produk yang Anda produksi bisa dengan memperkenalkannya pada teman-teman dekat. Jika Anda mendapatkan respon positif, Anda bisa membuka show room. Untuk awal usaha, Anda bisa membuka show room ukuran kecil terlebih dahulu, jika produksi sudah berjalan dan tergolong lancar, Anda bisa memindahkannya ke lokasi yang lebih strategis dan lebih besar. Untuk mendapatkan produk yang diminati oleh banyak kalangan, Anda tidak perlu meniru desain produsen lain. Anda harus bisa menentukan desain orisinal milik Anda sendiri. Karena dari situlah nantinya konsumen juga bisa menilai produk Anda. Anda bisa menciptakan berbagai ukuran lampu, cermin hias dan produk lain agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Desain yang Anda usung juga sebaiknya tidak terlampau sedikit agar konsumen bisa mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk memilih.

Mirror craft yang Anda produksi agar lebih banyak mendatangkan konsumen bisa Anda padukan dengan menerima desain pesanan dari konsumen. Jadi, konsumen Anda bisa menentukan sendiri desain seperti apa yang mereka mau. Hal ini akan semakin meningkatkan nilai tambah usaha Anda. Jika Anda mengamati sekitar kita, pasti Anda optimis karena bahan baku yang mudah dicari di sekitar kita. Ada banyak sekali toko kaca yang bisa Anda pilih untuk penyedia bahan baku. Tetapi Anda juga harus tetap memperhatikan kualitas kaca yang Anda gunakan. Pilihlah kaca dengan kualitas local maupun impor untuk produk yang berbeda-beda.

Mirror craft untuk cermin hias misalnya, Anda harus menggunakan bahan baku kaca berkuailtas impor. Bahan baku untuk kaca impor sekitar Rp 290.000/ lembar (ukuran 210 cm x 190 cm). Sedangkan untuk lampu hias, Anda bisa berkreasi dengan bahan baku kaca yang lain, seperti kaca flora. Bahan baku kaca flora ini lebih murah, yaitu Rp 90.000 – Rp 110.000 / lembar (ukuran 155 cm x 90 cm).

Pada awal membuka usaha ini, media promosi yang paling efektif memang dengan mengikuti berbagai pameran yang ada. Karena dengan mengikuti pameran, calon konsumen bisa melihat secara langsung desain dan kualitas produk Anda. Tetapi Anda juga tetap harus menunjangnya dengan media promosi lain, baik online, cetak maupun elektronik. Untuk bisa bertahan di pasaran, Anda harus mampu menciptakan ide kreasi terbaru karena selera pasar terus berkembang. Jadi, pasar juga tidak akan jenuh karena desain yang terlalu monoton.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS