November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Berminat Bisnis Online? Simak Tipsnya!

By admin - Wed Oct 03, 4:59 pm

 

Bisnis online sudah menjadi peluang usaha yang paling menjanjikan di era digital seperti sekarang. Bisnis online bisa dengan mudah di-handle dan dijangkau oleh target market. Nah, di dalam bisnis online, ada satu bisnis yang paling banyak diminati, yaitu online shop. Banyak sekali online shop yang mulai bertebaran di dunia maya. Hal ini dikarenakan modal untuk memulai online shop relative tidak terlalu besar. Jadi, Anda juga tidak perlu menyewa toko, penjaga toko dan juga semua biaya operasional dan perawatannya.

Bisnis online

Tahukah Anda bahwa Indonesia adalah Negara dengan transaksi online yang paling tinggi se-Asia pasifik. Hal ini dibuktikan oleh hasil survey Payment Solution terhadap Negara-negara di seluruh dunia. Nah, melihat celah tersebut, masyarakat di Indonesia seharusnya juga bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Untuk itulah, tidak ada salahnya Anda mulai berpikir untuk memulai bisnis online untuk mencari keuntungan atau sebagai pekerjaan sampingan yang menguntungkan. Atau tidak menutup kemungkinan juga bisnis online yang Anda jalani bisa menjadi bisnis utama Anda.

Bisnis online bisa Anda coba dengan terlebih dahulu membaca saran tentang online shop berikut ini.

 

Pertama, niat untuk berbisnis yang baik. Hal ini karena memang masih banyak E-Commerce di Indonesia yang memang dibuat untuk menipu. Nah, melihat kondisi bisnis online yang demikian, pastikan terlebih dahulu niat utama Anda berbisnis adalah untuk menjaring keuntungan dan juga memberikan kepuasan terhadap para pelanggan. Sekali lagi, jangan pernah berpikir untuk membuat toko online dengan tujuan penipuan. Karena hal ini akan memberikan dampak yang buruk dan Anda juga akan mengalami kesulitan-kesulitan yang lebih banyak lagi.

 

Kedua, buatlah “call centre” yang jelas. Anda harus memberikan nomor kontak yang bisa dihubungi oleh customer. Hal ini akan membuat konsumen Anda merasa lebih nyaman dan bisa menambah kepercayaan para pelanggan ketika mereka ingin berbelanja. Kepercayaan itu akan tumbuh ketika mereka bisa dengan mudah menanyakan lebih lanjut tentang produk yang Anda jual. Misalnya Anda mempunyai “call centre” yang akan menjawab semua pertanyaan konsumen tentang tenggat waktu barang sampai, ukuran, warna dan lain sebenarnya. Walaupun sebenarnya keterangan sudah ada di dalam website, tetapi kebanyakan konsumen akan lebih puas jika bertanya dan diberikan jawaban oleh produsen.

 

Bisnis online juga harus memperhatikan tampilan web yang menarik. tampilan web yang menarik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Web menarik dengan system navigasi yang mudah juga bisa menjadi salah satu pertimbangan sang salon konsumen untuk tetap melanjutkan proses pembelian atau tidak. Itulah alasan mengapa tampilan website harus enak dilihat, user friendly dan navigasinya mudah.

 

Keempat, harga yang relative lebih murah. Jangan jadikan keinginan untuk cepat mengeruk pundi-pundi rupiah menggelapkan mata Anda bahwa konsumen juga akan sangat sensitive tentang masalah harga. Terlebih jika Anda baru memulai bisnis ini, taruhlah harga promosi untuk menjaring konsumen. Selanjutnya, Anda juga harus berjuang agar sang konsumen tetap bertahan menjadi pelanggan Anda. Jangan langsung mematok harga yang mahal. Cobalah untuk mencari konsumen sebanyak-banyaknya. Jika Anda sudah mempunyai banyak pelanggan setia, jika suatu saat Anda menaikkan harga maka tidak akan berdampak banyak karena mereka sudah tau kualitas produk Anda.

 

Kelima, jangan terpaku pada satu “supplier”. Karena dengan lebih banyak supplier berarti lebih banyak barang yang bisa Anda juall. Jika Anda hanya mencari barang di satu supplier saja, maka konsumen tidak mempunyai banyak pilihan produk, baik dari segi harga maupun kualitas.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS