November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Berkreasi dengan Daur Ulang Sampah

By admin - Wed Jan 02, 1:30 pm

Daur ulang sampah ternyata bisa dijadikan peluang usaha yang menggiurkan. Daur ulang sampah bisa Anda ciptakan menjadi aneka dompet dan tas. Lalu sampah mana yang dimaksud? Ternyata sampah limbah atau sampah sehari-hari juga bisa dimanfaatkan. Anda bisa memilih dan memilah sampah mana yang bisa Anda daur ulang menjadi kreasi yang cantik dan menarik. Misalnya untuk menghasilkan dompet, tas, gantungan kunci, bros dan lain sebagainya.

Daur ulang sampahBagaimana memulainya? Anda bisa memulai ide ini dari tumpukan sampah plastic yang ada di sekitar rumah Anda. Misalnya Anda bisa memanfaatkan koran bekas, tas kresek (tas plastik), tabloid bekas, majalah bekas, manik-manik, bungkus makanan dan minuman dan juga bungkus detergen yang bisa Anda dapatkan dari sampah laundry atau rumah tangga. Walaupun dibuat dari bahan yang terbuang, tetapi nyatanya hasil kreasi dari limbah ini bisa menghasilkan souvenir dengan nilai jual yang tinggi.

Daur ulang sampah bisa membuat kreasi produk yang dengan nyaman bisa dibawa pergi kemana-mana. Dan untuk menyasar pasar anak muda, Anda bisa membuat manik-manik atau gantungan kunci. Dengan mudahnya teknologi yang bisa membantu proses pemasaran Anda, sekarang sudah bukan saatnya lagi untuk mengeluhkan pasar. Anda harus bisa menyasar pangsa pasar yang lebih luas dengan produk Anda. Jangan hanya pesimis karena kreasi dari limbah ini bisa mengantarkan Anda kepada kesuksesan jika Anda bekerja keras membuat dan memasarkannya.

Tidak hanya membuat satu kreasi saja, Anda juga dituntut untuk terus kreatif dengan membuat handicraft dengan ukuran dan jenis yang beragam. Misalnya dengan membuat dompet. Anda tidak boleh hanya mengandalkan satu jenis dan ukuran dompet saja, melainkan harus mempunyai pilihan yang lain, seperti dompet dengan ukuran yang paling kecil, tote bag dan lain sebagainya. Jadi, dengan menciptakan beragam jenis dan ukuran, maka pangsa pasar yang akan Anda raih juga lebih luas.

Daur ulang sampah dengan memperlhatkan cantiknya produk kreasi akan memunculkan nilai tambah tersendiri bagi produk Anda. Pada awalnya, untuk memasarkan produk Anda, Anda bisa memanfaatkan event pameran dan juga media online, misalnya dengan membuat blog, facebook, twitter maupun portal iklan gratis yang disediakan di dunia maya. Tetapi untuk cara yang paling efektif tetaplah cara tradisional, yaitu pemasaran dari mulitke mulut. Jadi, produk Anda tinggal diobrolkan dan nanti akan dengan mudah tersebar ke khalayak ramai.

Untuk masalah harga, Anda bisa mempertimbangkan biaya produksi. Misalnya antara Rp 5.000 sampai Rp 300.000. Anda juga sebaiknya menerima pesanan sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan begitu, konsumen Anda akan lebih menyukai produk Anda. Selain itu, tentunya Anda juga harus tetap memproduksi produk secara rutin untuk menggaet pasar yang lebih luas lagi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS