October 23 2014
  • 1
Jakarta, ID - 34 °CPartly Cloudy - Humidity: 49%
Advertisement

Berkreasi dengan Anyaman Bambu

By admin - Fri Jan 18, 4:57 pm

Anyaman bambu bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Anyaman bambu bisa dikreasikan dengan sangat cantik dan unik sesuai dengan keinginan pasar. Bahan anyaman dari bambu ini sekarang sudah tidak lagi digunakan untik bahan dasar pembuatan dinding rumah tetapi untuk hiasan interior. Bentuk anyaman ini sangat unik dan kreatif, jadi sangat indah jika digunakan untuk hiasan ruangan, misalnya ruang café, restoran, hotel, rumah dan lain sebagainya. Jadi, jangan hanya diam dan ikut menghilangkan tradisi budaya etnik Indonesia di dalam bentuk anyaman yang cantik dan elegan.

Anyaman bambuBahkan sekarang sudah ada berbagai macam motif yang bisa dibuat dengan berbagai macam desain. Karena bambu merupakan bahan yang tahan lama, maka Anda bisa memproduksinya dengan atau tanpa pesanan. Biasanya untuk bisa menghasilkan satu buah anyaman dinding dengan ukuran 2×3 m, Anda membutuhkan bantuan 2-3 orang dan waktu yang dibutuhkan juga berkisar beberapa hari. Untuk mencari bahan baku bambunya, Anda bisa memanfaatkan tanaman bambu yang ada di sekitar daerah Anda atau mencarinya di daerah lain di Indonesia dengan harga yang rendah. Untuk membeli bahan baku bambu, biasanya bisa dibeli dengan harga Rp 10.000 per batangnya.

Anyaman bambu yang berkualitas bisa diproduksi dari jenis bambu yang berkuailtas. Salah satu jenis bambu yang bisa Anda pilih adalah bambu wulung yang terkenal mempunyai motif alami yang cantik. Tetapi harganya memang sedikit lebih mahal daripada jenis bambu yang lain. Selain membuat anyaman untuk desain interior, Anda juga bisa memproduksi aneka meja, kursi, tempat tidur, eternity, tirai dan produk lain yang menggunakan bambu sebagai bahan utamanya. Misalnya untuk satu set kursi (4 kursi dan 1 meja) bisa Anda hargai dengan Rp 300.000 dan untuk eternity bambu bisa Anda hargai sebesar Rp 70.000 / meter.

Dengan memproduksi produk anyaman bambu ini, Anda bisa mengantongi keuntungan bersih sebesar 50% dan bisa bertambah jika Anda mampu memperkenalkan produk Anda ke pasar yang lebih luas lagi. Selain itu, Anda juga tidak perlu takut untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat di luar sana. Asalkan Anda mempunyai produk yang mempunyai tingkat keunikan tersendiri, maka pasar akan memilih produk Anda.

Anyaman bambu yang Anda produksi dan jual sebaiknya juga mempunyai keunggulan tersendiri. Misalnya Anda membuat produk internet dengan desain yang sulit untuk ditiru produsen lain. Hal ini tentunya bisa meningkatkan daya jual produk Anda karena sulit untuk diduplikasi. Dan yang harus Anda sadari bahwa untuk menjadi seorang yang sukses, Anda harus selalu mengedepankan ketelatenan, ketekunan dan juga kerja keras. Dan jangan lupa untuk mensyukuri setiap usaha yang telah Anda lakukan dan tetap berusaha untuk lebih baik lagi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement