November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Berikan Pelayanan Super pada Konsumen Anda

By admin - Thu Apr 11, 4:53 pm

Memberikan pelayanan super membutuhkan usaha yang tidak sederhana. Memberikan pelayanan super kepada konsumen akan berpengaruh positif pada kemajuan dan kesuksesan usaha Anda sendiri. Walaupun sudah tergolong pelanggan setia dan loyal terhadap usaha Anda, tidak ada salahnya Anda memberikan pelayanan yang sama seperti konsumen baru. Dengan begitu, tingkat loyalitas mereka juga akan semakin terpupuk subur.

Memberikan pelayanan superDengan adanya kesetiaan pasar, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda pun akan berhasil memenangkan persaingan yang ada di pasar. Untuk itulah, lakukan semua cara secara maksimal untuk memberikan hasil yang positif untuk para konsumen Anda. Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan hati konsumen Anda? Ini dia penjelasannya.

  • Mengerti cara meminta maaf. Memberikan pelayanan super selalu diawali dengan rasa rendah hati kita pelaku usaha. Walaupun memang konsumen tidak selamanya benar, tetapi mereka selalu ingin menjadi seorang pemenang. Untuk itulah jika memang ada sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen, jangan segan-segan untuk segera meminta maaf agar tingkat kepuasan mereka tidak berkurang. Misalnya ketika ada sedikit masalah, Anda bisa menukarnya dengan memberikan diskon atau potongan harga agar tingkat kepuasan mereka tetap terjaga.
  • Ingat nama konsumen dan sapa mereka menggunakan namanya. Setiap orang akan sangat senang jika kita menyapanya dengan menggunakan nama mereka. Dan hal ini bisa menjadi sebuah strategi pemasaran yang sangat efektif. Strategi ini akan menciptakan kedekatan antara produsen dan konsumen, sehingga mereka juga akan senantiasa merasa dihargai dan dilayani dengan baik dan intim. Jika konsumen Anda terlalu banyak, Anda bisa menggunakan panggilan khusus, seperti panggilan “Sista”, “Juragan”, “Bos”, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menerapkan cara ini untuk dilakukan karyawan Anda, biarkan para karyawan Anda mempunyai panggilan tersendiri bagi para pelanggan.
  • Selalu hormati setiap konsumen Anda. Sebagai seorang atasan, Anda mungkin tidak selalu ada dan mengawasi jalannya usaha Anda dari dekat. Untuk itulah tolok ukur kesuksesan Anda menjadi tanggung jawab para karyawan Anda. Anda harus memberikan pengertian dan pelatihan terhadap para karyawan tentang tata cara memperlakukan konsumen. Berikan kebebasan pada mereka untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen. Jadi, konsumen akan merasa nyaman bertransaksi dengan karyawan Anda.
  • Dengarkan setiap permintaan konsumen kemudian follow-up. Memberikan pelayanan super artinya juga menerima feed back yang mereka berikan. Jika memang ada konsumen yang menginginkan permintaan khusus atau masukan, jangan menanggapinya dengan cuek. Dengarkan masukan dan kritikan mereka secara seksama kemudian lakukan follow-up. Hal ini untuk memancing mereka melakukan transaksi pembelian di tempat Anda.
  • Berikan jawaban “iya” terhadap konsumen. Tidak semua konsumen bersikap ramah dan menyenangkan, tetapi kita harus tetap bersikap seramah mungkin. Ketika mereka meminta sesuatu yang cenderung sulit atau aneh, jangan cepat menyerah, katakana “iya” padanya agar mereka puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Dengan begitu, walaupun Anda tidak memberikan apa yang mereka inginkan secara optimal, dia akan tetap menghargai usaha Anda dan berterima kasih.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS