November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Berhenti Menghindari Persaingan

By admin - Fri Nov 23, 5:07 pm

Menghindari persaingan seringkali dilakukan oleh para pelaku usaha. Menghindari persaingan dinilai cocok untuk memenangkan pasar yang ada. Benarkah begitu? Ternyata tidak. Karena masih ada banyak factor yang menuntut pelakunya untuk pantang menyerah dan menghadapi persaingan yang ada agar tidak begitu saja tenggelam di tengah persaingan. Faktor utama yang menentukan kesuksesan seseorang bukan hanya tentang modal tetapi juga bagaimana kita jeli melihat peluang yang ada.

Menghindari persainganYang harus diingat adalah disamping untuk menggapai kesuksesan, sebuah bisnis juga mempunyai tujuan lain yaitu untuk membantu masyarakat dengan memberikan solusi yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhannya. Nah untuk bisa mendapatkan kesuksesan yang diharapkan akan tercapai, seorang pemula dalam bisnis harus bisa memperbanyak referensi agar terhindar dari beberapa kesalahan yang bisa memperlambat atau mematikan laju pertumbuhan usaha. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari oleh para pelaku usaha untuk menghindari dampak terburuk di dalam persaingan.

Menghindari persaingan adalah kesalahan pertama yang harus dihindari. Memang benar ketika kita memilih sebuah produk untuk bisnis pastinya dengan penuh pertimbangan matang. Nah, sebelum Anda memutuskan jenis barang atau jasa yang Anda tekuni, Anda harus mencari tahu tentang atmosfer bisnis yang dimiliki oleh masing-masing produk. Karena yang seringkali dialami oleh para pemula adalah mereka mencari lahan yang tidak ada competitor atau yang kompetitornya sedikit. Artinya, mereka hanya mencari amannya saja agar tidak kalah bersaing dengan pelaku usaha yang lain. Nah dengan memilih produk atau jasa yang dibutuhkan oleh pasar dalam jumlah banyak, maka waktu yang Anda butuhkan untuk mengembangkan pasar juga semakin panjang.

Misalnya ketika Anda mempunyai rencana untuk membuka usaha di dekat kampus yang ramai dengan para mahasiswa. Aneka jenis makanan dan kedai forokopi tentunya sudah banyak ada di sana. Tetapi target pemasarannya sudah jelas karena barang yang dijual adalah yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Walaupun sudah banyak pesaing, tetapi kemungkinan mencapai kesuksesan lebih besar. Berbeda jika anda malah beralih dengan membuka usaha pet shop. Walaupun usaha ini adalah satu-satunya yang ada di sekitar kampus, tetapi gairah konsumsi terbatas pada golongan tertentu saja. Sehingga tingkat kesuksesan juga kecil.

Setelah menghindari persaingan, ada hal kedua yang harus dihindari dalam memulai sebuah usaha, yaitu merasa mudah puas. Karena pasar selalu mencari yang terbaik, maka Anda harus bisa lebih unggul dalam bersaing. Keunggulan kompetitif ini biasanya luput dari perhatian pelaku usaha. Karena mereka cenderung lebih cepat puas dengan apa yang mereka hasilkan dan tidak memperhatikan geliat bisnis lain yang ada di sekitarnya. Untuk itulah ketika Anda sedang berbisnis, cobalah perhatikan beberapa unsur, antara lain product, price, place, promotion dan people. Semua unsur ini harus lebih baik daripada pesaing.

Hal ketiga yang harus dihindari adalah tidak gigih. Tunjukkan kegigihan Anda untuk menghindari jebakan “kesuksesan semu”. Selain mempunyai niat dan usaha untuk membuat sebuah usaha, Anda juga harus mempunyai niat untuk mengembangkannya. Nah, indicator suksesnya adalah high sales.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS