November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Berbisnis Bukan Hanya untuk Cari Keuntungan

By - Mon Oct 08, 4:59 pm

Berbisnis bukan hanya untuk mencari keuntungan. Berbisnis bisa dilakukan dengan senang hati dan untuk tujuan-tujuan tertentu selain keuntungan. Memang tidak dipungkiri jika bisnis memang untuk mencari penghasilan, tetapi ada alasan lain di balik itu yang justru akan menunjukkan passion tersendiri bagi seorang pelaku usaha dan membuatnya lebih bersemangat untuk menampilkan yang terbaik dari produk yang ditawarkan.
Hal ini seperti yang dilakukan oleh seorang pelaku usaha, Lucy Wiryono. Dia mempunyai warung steak wagyu bernama Holycow Steakhouse by Chef Afit. Lokasi usahanya ada di daerah Senopati, Jakarta Selatan. Luci mengungkapkan bahwa tujuan awalnya membuka warung steak ini adalah untuk memperkenalkan steak wagyu dengan harga yang lebih terjangkau, tetapi rasa yang dihasilkan tidak kalah dengan steak yang ada di restoran. Ide tersebut awalnya berasal dari suaminya yang sangat suka makan steak wagyu tetapi harus mengurangi kegemarannya tersebut karena harga steak wagyu sangat mahal.
berbisnisBerbisnis dan mempertahankan sebuah bisnis ternyata tidak mudah dan Lucy juga akhirnya menyadari hal tersebut. Ada beberapa hal lain yang ahrus diperhatikan selain memperoleh keuntungan. Jadi, berbisnis bukanlah sekedar mempunyai ide usaha dan passion semata, tetapi juga harus mempunyai gambaran yang jelas tentang tujuan bisnis dalam jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa tujuan bisnis seperti yang ditunjukkan oleh lucy yang bisa Anda ikuti:
Pertama, bisnis menjadi berkah untuk orang lain. Jadi, berbisnis bukanlah ajang untuk bisa memperkaya diri sendiri dan mendapatkan keuntungan diri sendiri. Tujuan lain dari sebuah bisnis yang sangat mulia adalah memberikan manfaat dan berkah untuk orang lain. Ketahuilah bahwa bisnis tidak akan berhasil dengan baik jika kita bekerja sendiri. Kita pasti membutuhkan karyawan yang selalu siap untuk membantu kita untuk maju. Sampai pada akhirnya membantu kita untuk mendapatkan keuntungan. Hubungan antara pemilik dengan karyawan juga bisa menciptakan hubungan timbale-balik yang saling menguntungkan. Dengan berbisnis, Anda juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang yang ada di sekitar Anda yang mungkin kurang beruntung. Selain itu, para karyawan juga akan membantu Anda untuk menjalankan roda usaha. Karyawan Anda adalah asset Anda, maka Anda juga harus membantunya untuk hidup lebih layak. Ini merupakan salah satu tujuan yang mulia yang akan membuat Anda tidak hanya berfokus pada keuntungan saja tetapi juga mempunyai mental dan semangat yang lebih besar untuk bangkit ketika mengalami kegagalan.
Berbisnis juga mempunyai tujuan yang kedua, yaitu mempunyai banyak sisi. Jadi, bisnis bukan hanya tentang konsep karyawan dan pelanggan. Karena bisnis mempunyai banyak sisi yang bisa Anda ikuti untuk mendukung perkembangan usaha. Jadi, jangan hanya terpaku untuk mencari jalan untuk memuaskan pelanggan dan menyejahterakan karyawan, tetapi Anda juga perlu membuka pikiran dan pandangan untuk melihat kondisi lingkungan. Bisnis juga bisa berhubungan dengan lingkungan alam, lingkungan sekitar lokasi usaha, dan lainnya. Anda harus terbuka tentang pandangan pada alam, misalnya bagaimana cara membuat lingkungan tetap hijau dan bersih dari sampah atau limbah usaha. Selain itu, kepekaan pada kondisi sosial di sekitar lokasi usaha juga sangat dibutuhkan, misalnya untuk ikut berpartisipasi saat lingkungan sekitar lokasi usaha sedang mengadakan kerja bakti dan lain-lain. Kita tidak bisa cuek dengan lingkungan. Sebisa mungkin saling memberikan hal yang positif dan baik bagi semua aspek yang berhubungan dengan bisnis, sekecil apapun.
Ketiga, bekerja dengan hati. Karena sejatinya semua pekerjaan tidak akan berjalan dengan maksimal jika tanpa hati yang tulus dan ikhlas. Sebagai seorang pemimpin usaha, Anda tidak akan bisa memaksa karyawan untuk bisa bekerja dengan hati jika Anda sendiri sebagai pemimpin tidak mampu melakukannya. Jadi intinya, untuk membuat karyawan mau bekerja dengan hati, Anda juga harus bekerja dengan sepenuh hati terlebih dahulu. Caranya, cukup dengan memperhatikan dan menyayangi mereka dengan tulus. Selain itu, Anda juga harus memberikan contoh kepada mereka, tunjukkan bahwa Anda bekerja sepenuh hati tanpa mengeluh.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS