November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Berbisnis Bersama Pasangan? Ikuti Tips Suksesnya

By admin - Wed Oct 10, 4:42 pm

Berbisnis bersama pasangan mulai diminati oleh sebagian besar masyarakat. Berbisnis bersama pasangan dinilai membawa dampak positif bagi bisnis yang dijalankan. Hal ini berdasar pada satu pemikiran bahwa jika sepasang suami istri bisa dengan kompak hidup bersama dalam satu keluarga, tentunya tidak akan menjadi masalah jika keduanya memutuskan untuk menjalankan bisnis berdua. Tetapi pada kenyatannya, yang terjadi tidaklah sama dengan apa yang selama ini dipikirkan dan dibayangkan. Karena seringnya, keputusan untuk menjalankan bisnis berdua dengan pasangan malah seringnya memunculkan masalah. Bahkan pada akhirnya bisa berpengaruh pada keharmonisan keluarga.

Berbisnis bersama pasanganKarena sejatinya, menjalankan sebuah bisnis itu tidak sama dengan menjalankan sebuah rumah tangga. Untuk itulah, setiap apsangan perlu untuk kembali menyamakan persepsi dan juga belajar untuk berkolaborasi dari awal. Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk membangun keharmonisan hubungan suami istri di dalam keluarga dan juga di dalam bisnis yang dibangun bersama.

1)  Berbisnis bersama pasangan harus tetap saling menghormati. Karena Anda dan pasangan belum tentu mempunyai pandangan yang sama. Tetapi Anda harus tetap menghormati semua keputusannya. Karena pada dasarnya, setiap orang mempunyai talenta yang unik dan juga kekuatan tersendiri yang bermanfaat untuk bisnis yang sedang dijalankan. Untuk itulah, Anda harus menyadari bahwa ada saatnya dimana Anda tidak perlu bersikeras untuk memaksakan pendapat dan hanya perlu memberikan kepercayaan Anda pada sang suami untuk mengambil keputusan yang terbaik untuk kemajuan bisnis Anda berdua.

2)  Kesampingkan ego. Baik di rumah maupun di tempat usaha Anda berdua, Anda sama-sama harus mengesampingkan ego Anda berdua. Cobalah untuk lebih melihat apa yang terbaik atas situasi yang sedang dialami. Karena jika Anda terlalu mendahulukan gengsi, pada akhirnya malah akan menciptakan masalah bagi Anda, pasangan, karyawan dan juga bagi relasi bisnis yang lain.

3)  Berbisnis bersama pasangan tetap harus menghindari membicarakan masalah bisnis di meja makan. Setelah Anda seharian duduk bersama pasangan di kantor untuk membicarakan masalah pekerjaan, usahakan ketika Anda sudah menapaki rumah, hilangkan masalah kantor dari pikiran Anda. Ini merupakan aturan sederhana yang bisa jadi sangat penting dan sangat berpengaruh pada keharmonisan keluarga Anda berdua. Aturan sederhana ini bisa membantu Anda untuk membedakan peran antara mitra bisnis dan pasangan hidup. Selain itu, jika Anda dan pasangan berdiskusi seputar pekerjaan tentunya hanya akan membuat anak-anak Anda terganggu dan merasa lebih tidak diperhatikan.

4)  Tetapkan waktu berdua. Sesibuk apapun Anda berdua dengan masalah kantor, sebaiknya Anda berdua harus tetap mempunyai waktu berdua. Luangkan waktu untuk berkencan dengan suami setiap malam. Kebiasaan ini harusnya tetap dijaga walaupun Anda berdua sudah sering menghabiskan waktu berdua di rumah, tempat kerja, atau ketika rapat dengan klien. Pastikan Anda tetap menetapkan jadwal berdua dan tanpa ada hubungan dengan masalah bisnis dan tanpa gangguan dari apapun.

5)  Bersikap fleksibel. Walaupun aturannya sudah jelas untuk memisahkan urusan bisnis dengan urusan keluarga, tetapi pada kenyataannya Anda tetap harus bersikap luwes. Pada kenyataannya mungkin memang ketika sedang berada di tempat kerja Anda dan pasangan lebih bisa berkonsentrasi untuk membicarakan masalah bisnis yang serius tanpa diganggu oleh kehadiran anak-anak. Tetapi terkadang ketika malam hari Anda mempunyai waktu berdua dengan pasangan, Anda tetap bisa mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi tentang rencana masa depan perusahaan, dan lain sebagainya.

Tunjukkan perhatian Anda. Ketika Anda sedang berada di rumah, semua kebutuhan suami memang sudah sangat Anda perhatikan, tetapi ketika Anda sedang berada di kantor, Anda juga tetap harus memperhatikan pasangan Anda. Anda tidak perlu menahan diri untuk memperhatikan kebutuhan suami karena toh di kantor pun Anda juga berperan sebagai rekan bisnis. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda membuatkan kopi untuk suami Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS