December 19 2014
  • 1
Jakarta, ID - 25 °CThunder in the Vicinity - Humidity: 94%
Advertisement

Belajar Memulai Bisnis Saham

By admin - Tue Jun 05, 5:13 pm

Belajar memulai bisnis saham memang sangat bermanfaat bagi Anda yang sangat ingin sukses di dunia bisnis saham. Belajar memulai bisnis saham ini akan membantu Anda dalam menentukan langkah apa saja yang bisa Anda dapatkan ketika Anda memulai “bermain” dengan saham. Bisnis saham adalah proses bisnis murni dan umum dimana uang bekerja untuk kita. Yaitu kita menaruh uang dan kemudian berkembang sesuai dengan gejolak pasar saham tempat kita menaruh modal. Selanjutnya, untuk perdagangan saham juga mempunyai arti yang berbeda. Perdagangan saham adalah perdagangan murni seperti layaknya perdagangan barang dan jasa. Yaitu Anda membeli dan menjual kembali. Dan tujuan satu-satunya adalah untuk meraih laba.

Belajar memulai bisnis saham

Dari dua pengertian tersebut di atas, lantas ada 2 pengertian yang berhubungan satu sama lain, yaitu bisnis saham dan perdagangan saham. jadi istilahnya, bisnis Anda adalah bisnis saham dan pekerjaan Anda adalah pedagang saham. Aktivitas ini harus dikelola dengan baik dan benar. Untuk porsi individu berarti yang digunakan adalah perdagangan saham. Bisnis saham diistilahkan untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang saham.

Belajar memulai bisnis saham berarti harus bisa mengelola saham dengan baik. Anda juga harus meluangkan waktu untuk mempelajari cara-cara analisa teknikal dan fundamental secara mendalam sambil melakukan simulasi. Latihan dan pembelajaran ini dilakukan sebagai pertimbangan sebelum Anda benar-benar memasuki dunia pasar modal. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengerti dengan sungguh-sungguh seluk-beluk bagaimana mekanisme dunia pasar modal itu bekerja. Mulai dari dasar teorinya, yaitu mikro ekonomi, makro ekonomi, statistic, akuntansi, manajemen keuangan, dan semua hal yang berhubungan dengan “operasi lapangan”. Jadi, sama halnya dengan memulai bisnis pada umumnya, Anda juga harus melakukan riset pasar dan memperkirakan potensi laba yang dapat Anda raih. Kemudian cocokkan dengan target laba atau penghasilan yang Anda inginkan.

Langkah kedua adalah mencari berita-berita tentang pasar modal. Perlu Anda ketahui bahwa pasar modal Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu Pasar Saham BEI dan Pasar Futures (Forex, Index dan Commodities) yang dikelola oleh BBJ (Bursa Berjangka Jakarta). Carilah informasi dan sejarah singkat dan kondisi lapangan sesungguhnya dari dunia pasar modal sebanyak-banyaknya. Tetapi tetap harus dengan biaya seminimal mungkin. Caranya adalah dengan:

  1. Kumpulkan beberapa Koran yang terdapat label “Broker Teraktif” dengan rentang waktu kurang lebih 1 tahun.
  2. Buatlah rating dari broker-broker tersebut.
  3. Pilih 3-4 broker dengan rating tertinggi.

Belajar memulai bisnis saham dengan mengumpulkan beberapa informasi tersebut akan memperkuat kemampuan Anda sebelum akhirnya benar-benar terjun di dunia saham. Hasilnya, Anda akan mendapatkan daftar broker-broker terbaik dalam mengelola perdagangan saham. biasanya broker-broker tersebut banyak dipercaya oleh masyarakat dan aman. Setelah Anda merasa mantap dengan bisnis ini, maka Anda berlanjut ke tahap yang lebih rumit, yaitu membutuhkan banyak waktu, uang dan tenaga, yaitu:

  1. Belilah sebuah buku pengetahuan praktis tentang seluk-beluk pasar modal. Tetapi pilih yang jangan terlalu rumit.
  2. Pelajari baik-baik dan bayangkan apa yang akan menjadi kegiatan kita sehari-hari.

Langkah ketiga adalah sambil melakukan simulasi dan riset lapangan, pelajarilah segala sesuatu tentang analisa teknikal dan fundamental. Jangan pernah berhenti belajar sampai mendapatkan system analisa yang 100% tepat atau minimal balik modal. Dan ketepatan ini hanya bisa Anda dapatkan jika Anda mencerna teori-teori tersebut dan juga pengalaman yang Anda dapatkan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement