December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Begini Caranya Mengambil Hati Konsumen yang Kecewa

By admin1 - Tue Jun 17, 4:47 pm

Mengambil hati konsumen memang merupakan PR yang harus dikuasai oleh setiap pelaku usaha. Mengambil hati konsumenbisa membutuhkan energi yang lebih karena meyakinkan konsumen untuk percaya lagi pada produk atau jasa Anda membutuhkan suatu pembuktian. Anda harus bisa memperbaiki kualitas usaha Anda dan pelayanan yang Anda berikan. Apalagi jika usaha Anda mulai sering mendapatkan komplain dari para konsumen. Ini artinya konsumen sudah mulai tidak percaya pada kualitas usaha Anda lagi.nah berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kepercayaan konsumen atau mengembalikan kepercayaan yang tadinya meredup:

Mengambil hati konsumen

  • Minta maaflah pada saat itu juga. Ketika Anda atau karyawan Anda melakukan kesalahpahaman, kekeliruan, kekurang cermatan dan kekurang hati-hatian, maka konsumen akan langsung hilang rasa kepercayaannya. Biasanya mereka akan langsung melakukan komplain. Bagi pelaku usaha, komplain pelanggan seharusnya bisa menjadi pelecut semangat agar menghadirkan yang lebih baik lagi. Menghadapi kekecewaan konsumen, sebaiknya Anda jangan segan untuk meminta maaf. Meminta maaf walaupun sederhana tetapi mampu meredam hati yang panas. Ketika ada konsumen yang komplain, cobalah untuk langsung meminta maaf dan berikan perbaikan sesuai dengan hal-hal yang diserukan oleh konsumen dan tentunya lakukan pengembangan dan perbaikan pada produk yang lain juga.
  • Jadi pendengar yang baik. Mengambil hati konsumenjuga harus mendengarkan apa yang mereka sampaikan. Ciptakan suasana yang baik dengan komunikasi dua arah yang baik. Walaupun ada konsumen yang terpancing emosinya sampai mengeluarkan kata-kata yang kurang etis, tetaplah jadi pendengar yang baik. Dengarkan semua keluhan mereka dengan rinci dan detail. Jika kita menghadapi komplain dari konsumen, maka secara tidak langsung Anda juga mendinginkan hati konsumen tersebut. Setelah dingin, cobalah untuk mencari win-win solution bersama agar kedua belah pihak saling diuntungkan.
  • Lengkapi informasi usaha Anda. Selain telephon, website atau akun jejaring sosial merupakan sarana yang sangat penting untuk menghubungkan pelaku usaha dengan konsumen. Untuk itulah Anda harus memberikan informasi secara lengkap di informasi setiap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jadi konsumen yang tertarik dengan gambar produk, dia tahu apa saja informasi yang diinginkannya sebelum memutuskan untuk membeli. Selain menyertakan informasi di setiap gambar, sertakan pula FAQ atau Frequently Asked Question yang merupakan berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen baik melalui email, telephon, sms atau yang lain. Cara ini akan menjadi pelengkap komunikasi antara Anda dan konsumen yang sempat menghilang.

Jaga kepercayaan diri Anda. Mengambil hati konsumenakan lebih berhasil ketika Anda menjaga rasa percaya diri Anda sendiri. Jika Anda langsung tidak percaya diri karena ada komplain dari konsumen, maka konsumen juga sulit untuk kembali percaya pada usaha Anda. Padahal jika Anda menanggapi keluhan atau komplain konsumen dengan profesional dan percaya diri, maka kemungkinan konsumen bisa semakin loyal pada usaha Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513