November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Beberapa Kategori Bisnis Yang Menjanjikan

By admin - Mon May 07, 4:42 pm

Bisnis yang menjanjikan semakin banyak di dunia online maupun offline. Bisnis yang menjanjikan yang bertebaran di sekitar kita membuat kita harus lebih berhati-hati dalam memilih. Selain itu, banyaknya peluang bisnis yang sering kita temukan di internet seringkali membuat kita bingung. Sehingga banyak orang merasa ragu-ragu untuk menjalankannya. Menghadapi kondisi semacam ini tentunya Anda juga harus jeli, kira-kira peluang bisnis apakah yang benar-benar menghasilkan dan tidak berisi kebohongan semata.

Bisnis yang menjanjikan

Dari beberapa model bisnis online yang ada di internet, pada dasarnya dapat kita bagi menjadi 5 kategori sebagai berikut. Kategori pertama adalah menjual produk Anda sendiri. Kategori ini merupakan kategori model bisnis paling pertama yang dilakukan di internet dan yang paling populer. Jenis produk yang ditawarkan tidak terbatas jumlahnya. Bisnis pada kategori pertama mempunyai beberapa model, yaitu sebagai berikut:

  1. Menjual produk berwujud yang Anda miliki melalui website sendiri.
  2. Model bisnis ini biasanya dikenal dengan nama toko online.
  3. Menjual produk berwujud yang Anda miliki melalui website orang lain.
  4. Menjual ebook. Ebook atau electronic book adalah buku yang berwujud file (umumnya file pdf) yang bisa dibaca di komputer.
  5. Menjual multimedia tutorial berupa audio dan video.
  6. Menjual software.
  7. Menjual akses keanggotaan. Model bisnis ini sasarannya bukan agar customer membeli suatu produk atau jasa, melainkan agar membeli hak akses keanggotaan.
  8. Menjual produk haknya Anda. Model bisnis ini hanya ada di internet. Umumnya produk informasi yang dijual berupa ebook, software, video atau audio.
  9. Menjual produk hasil paket ulang. Pada model bisnis ini, Anda boleh mengedit, mengubah produk, dan bahkan mencantumkan nama Anda sebagai pemilik produk.

Bisnis yang menjanjikan kategori kedua adalah menjual jasa Anda sendiri. Saat ini, jenis jasa yang sangat populer dan banyak dibutuhkan orang adalah sebagai berikut:

  1. Jasa desain grafis. Meliputi segala macam desain grafis seperti logo, banner, website, brosur, paket ulang, header website, dan lain-lain.
  2. Jasa pembuatan website. Meliputi segala bentuk website mulai dari website statis, website dinamis dengan database, website dengan wordpress/joomla/drupal atau dengan sistem lainnya.
  3. Jasa pemrograman software atau script. Meliputi segala macam bentuk software/script mulai dari sederhana hingga yang sangat kompleks.
  4. Jasa menulis artikel. Jasa ini diperlukan agar informasi yang terdapat dalam suatu website memberikan manfaat bagi pengunjung website.
  5. Jasa copywriting. Jasa ini diperlukan untuk membuat tulisan yang meyakinkan seseorang membeli suatu produk yang ditawarkan dalam suatu website.
  6. Jasa ghostwriting. Jasa ini diperlukan untuk membuat suatu ebook dengan topik tertentu. Pembeli jasa mempunyai hak untuk mencantumkan namanya sebagai penulis.
  7. Jasa membuat transkrip. Ini adalah model bisnis jasa untuk membuat transkrip/teks kata demi kata hasil percakapan di audio atau video.
  8. Jasa penerjemah. Jasa ini sangat diperlukan karena banyak orang yang ingin membuat website, ebook, artikel dan lain-lain dalam berbagai bahasa.
  9. Jasa virtual assistant. Ini adalah model bisnis jasa untuk menjadi seorang asisten pribadi di dunia maya.
  10. Jasa melakukan SEO. Jasa ini sangat diperlukan oleh pemilik website yang ingin meningkatkan peringkat website di search engine untuk kata kunci tertentu.
  11. Jasa mengelola iklan. Jasa ini sangat diperlukan karena banyak pemilik website yang tidak mau repot belajar memasang iklan secara efektif dan efisien untuk mendatangkan pengunjung ke websitenya.

Bisnis yang menjanjikan kategori ketiga adalah dengan menjual atau mereferensikan produk atau jasa orang lain. Ini adalah model bisnis online dimana anda menjual produk atau jasa orang lain dengan kompensasi suatu komisi tertentu. Model bisnis ini biasanya dikenal dengan nama affiliate marketing. Kategori ketiga adalah membuat website dengan informasi tertentu yang menarik dengan iklan sebagai sumber penghasilannya. Model bisnis ini biasanya dikenal dengan nama contextual advertising.

Kategori bisnis keempat adalah transaksi jual beli website. Website adalah sebuah aset seperti halnya rumah, oleh karena itu jual beli website adalah sesuatu yang lumrah terjadi dan mulai sering dilakukan. Website yang umumnya dijual memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Website tersebut menghasilkan income rutin per bulan dari contextual advertising seperti google adsense ataupun income dari affliate.
  2. Website menempati halaman 1 di search engine untuk kata kunci yang volumenya tinggi.
  3. Website dengan konten dan umur domain yang cukup lama (lebih dari 3  tahun) sehingga akan mudah menempati ranking dengan SEO.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS