November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bangunlah Hubungan Kerjasama dengan Tepat

By admin - Fri Apr 19, 4:03 pm

Hubungan kerjasama antara satu pengusaha dengan pengusaha yang lain bisa memberikan nafas segar bagi pengembangan usaha. Hubungan kerjasama dengan sesama pelaku usaha akan memberikan manfaat yang cukup banyak bagi kedua belah pihak. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari hubungan ini antara lain pengalaman, ilmu, strategi bisnis dan bisa juga suntikan dana untuk menambah modal yang ditujukan untuk pengembangan bisnis keduanya. Jadi, tidak heran kan jika sekarang ini banyak sekali para pelaku usaha yang mulai berlomba-lomba untuk menjalin kerjasama dengan para pengusaha yang lain untuk memperlancar usahanya? Nah, jika Anda salah satu pelaku usaha yang ingin sekali menjalin kerjasama dengan pelaku usaha lain, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

Hubungan kerjasama

  • Bergaullah dengan komunitas bisnis. Cara ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak koneksi atau relasi. Misalnya Anda masuk ke dalam suatu komunitas bisnis yang sesuai dengan bidang bisnis yang Anda geluti. Tujuan yang bisa dicapai dari hal ini adalah dengan memperluas relasi dan menjadi media promosi untuk usaha Anda. Jadi jika Anda semakin banyak bergaul para pelaku usaha yang lain, maka akan semakin banyak ilmu dan pengalaman yang akan Anda dapatkan.
  • Tidak pelit berbagi informasi. Hubungan kerjasama juga berlandaskan asas trust atau kepercayaan. Jangan pelit untuk berbagi informasi terhadap para pelaku usaha yang lain. Karena dengan berbagi informasi inilah anda bisa dengan mudah memberikan peluang untuk memperluas jaringan bisnis serta menumbuhkan rasa percaya dari mereka. Dengan saling bertukar informasi, maka baik Anda maupun partner bisnis Anda juga sama-sama diuntungkan, misalnya bertambahnya pengetahuan Anda. Karena dengan semakin banyak memberi, Anda juga akan semakin banyak menerima. Jadi, berbagilah.
  • Jangan hanya aktif ketika butuh saja. Jika Anda ingin menambah pengetahuan dan pengalaman, maka Anda tidak boleh hanya aktif bergaul ketika sedang butuh saja. Misalnya Anda hanya mendekat dengan komunitas pengusaha ketika Anda membutuhkannya, tetapi ketika Anda sudah mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda langsung pergi begitu saja. Hal ini tentunya akan membuat Anda justru dijauhi oleh komunitas pengusaha. Cobalah untuk kosisten menjaga hubungan baik untuk berbagi dan meminta solusi atas apa yang terjadi pada usaha Anda, dan begitupun sebaliknya. Nah, jika kita loyal dengan komunitas ini, maka kerjasama juga akan berjalan dengan lebih baik dan kemungkinan bisnis Anda juga akan semakin berkembang.
  • Jujur dan tulus dalam menjalin hubungan. Hubungan kerjasama juga membutuhkan modal kejujuran dan ketulusan. Anda bisa menjunjung dua hal ini untuk menjadin kerjasama dan juga untuk para konsumen Anda. Karena dengan dua hal ini, hubungan yang terjalin akan sama-sama saling menguntungkan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS