December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bangkitkan Pola Go-Green di Kemasan Produk

By admin1 - Tue May 20, 4:40 pm

Kemasan ramah lingkungan atau go-green ternyata semakin menarik minat konsumen. Kemasan ramah lingkungan mulai mencuri hati masyarakat dunia karena isu global warming yang semakin kencang berhembus. Jadi tidak heran jika sekarang ini banyak sekali produk atau swalayan yang memanfaatkan isu ini untuk memasarkan produk atau jasanya. Pernahkah Anda datang ke suatu swalayan dan mendapati plastik yang digunakan bisa hancur dalam waktu tertentu? Atau dimana swalayan tersebut memberikan biaya tambahan untuk mereka yang memakai plastik dan gratis jika memakai kardus atau tanpa plastik? Cara ini menciptakan kesadaran tersendiri bagi masyarakat yang berbelanja di sana.

Kemasan ramah lingkunganSelain swalayan, ada juga produk Nasional yang menggunakan kemasan go-green pada setiap produknya, seperti air mineral Ades dan Teh Kotak. Kedua produk ini juga berhasil mencuri hati masyarakat karena bisa mengajarkan dan mengajak masyarakat untuk lebih cinta lingkungan. Jadi dengan mengadakan acara-acara yang bertema pelestarian lingkungan, mereka bisa sekalian mempromosikan produknya sehingga penjualan produknya pun meningkat.

Kemasan ramah lingkungan yang dilakukan oleh air minum dalam kemasan “Ades” ini dengan mengusung jargon yang menarik, yaitu “Pilih, Minum dan Remukkan”. Kemasan Ades memang masih menggunakan botol plastik tetapi jenis plastik yang bisa diremukkan atau dihancurkan sehingga ramah lingkungan. Coca Cola Amatil Indonesia sebagai produsen air minum tersebut sengaja mengusung tema go-green untuk mengurangi penggunaan botol kemasan produk sampai 8%. Dengan adanya jargon yang diusung oleh Coca Cola Amatil Indonesia ini terbukti bahwa masyarakat lebih perhatian untuk meremukkan botol minuman yang sudah habis. Dengan inovasi ini pun Ades juga menarik lebih banyak konsumen karena berbeda daripada merk yang lain.

Selain produk Ades, ada juga produk Teh Kotak dari PT. Ultra Jaya. Produsen ini juga mencoba menarik lebih banyak konsumen dengan cara membuat kemasan yang sengaja dibuat ramah lingkungan. Kemasan yang digunakan adalah kemasan karton ramah lingkungan yang dibuat dari material kayu yang ramah lingkungan. Material kayu ramah lingkungan ini berasal dari kayu yang berasal dari hutan legal setelah melalui berbagai prosedur resmi tebang pilih dan tidak menghindari proses reboisasi.

Kemasan ramah lingkungan yang diusung oleh Teh Kotak ini juga sudah mengantongi sertifikat FSC, yaitu lembaga Internasional yang fokus  dalam pengawasan terhadap pengelolaan dan pemanfaatan hutan dengan penuh tanggung jawab. Selain itu untuk urusan pembuatan karton ramah lingkungan, Teh Kotak bekerja sama dengan SIG Combibloc yang merupakan produsen kemasan karton multilapis yang menggunakan teknologi aseptic dari Linnich, Jerman. Produk karton yang berkualitas ini berasal dari hutan pinus di wilayah Skandinavia.

Kalaupun usaha Anda masih belum sebesar produk Ades dan Teh Kotak, Anda tetap bisa menggunakan tema go-green untuk menarik lebih banyak konsumen. Salam sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513