December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bagaimana Rahasia Cepat Mencapai BEP untuk Menjalankan Usaha Franchise?

By - Tue Oct 28, 3:56 pm

Cepat mencapai BEP atau Break Even Point tentunya menjadi tugas pertama para pelaku usaha. Pun tak berbeda dengan usaha franchise. Cepat mencapai BEP tentunya tidak bisa dicapai hanya dengan duduk manis dan menunggu konsumen untuk mendatangi usaha Anda. Walaupun bisnis Anda adalah bisnis franchise dimana segala macam promosi dan dan produksi dilakukan oleh pemilik brand, bukan berarti Anda pasrah begitu saja.

Cepat mencapai BEPUntuk bisa mewujudkan BEP lebih cepat dari yang diperhitungkan, tentunya membutuhkan rahasia tersendiri. Kapan waktu seorang pelaku usaha mendapatkan BEP atau balik modal tentunya tidak bisa dipastikan. Memang benar kemungkinan terjadinya BEP sudah bisa dihitung dan diprediksi tetapi akan menjadi kabar baik jika ternyata pada kenyataannya BEP-nya jatuh sebelum waktu yang dihitung tadi. Ada bisnis yang membutuhkan waktu sampai tahun ke-2 baru bisa balik modal, tetapi ada juga yang dalam hitungan bulan sudah bisa mencapai BEP. Untuk jenis bisnis yang paling cepat mencapai BEP adalah bisnis kuliner.

Cepat mencapai BEP bagi pelaku bisnis franchise, terutama bisnis kuliner, Anda harus bisa memenangkan pasar. Karena banyak pelaku usaha yang memilih bisnis kuliner daripada bisnis yang lain jadi persaingan di dalam bisnis kuliner lebih berat dibandingkan dengan bisnis jenis yang lain. Jadi tidak mengherankan jika sesama pelaku bisnis franchise banyak yang menjalankan persaingan sengit. Inilah yang mengakibatkan tidak semua pelaku bisnis mendapatkan omzet yang sama dan BEP-nya pun berbeda. Nah untuk menghadapi persaingan bisnis ini, Anda harus bisa menjalankan bisnis Anda dengan baik. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisa cepat balik modal antara lain:

  • Carilah lokasi yang strategis. Karena lokasi yang strategis akan membuat calon konsumen mudah melihat dan mencapainya sehingga kemungkinan omzet meningkat lebih banyak. Contoh lokasi strategis yang bisa Anda manfaatkan, antara lain sudut perempatan jalan, pinggir jalan raya, tempat parkir yang memadai, sekitar lokasi usaha (swalayan), dan lain sebagainya.
  • Mengambil alih atau take over. Cepat mencapai BEP juga bisa dilakukan dengan cara mengambil alih bisnis orang lain yang sudah berjalan. Karena cara ini bisa membuat Anda lebih banyak konsumen. Yang harus Anda lakukan hanyalah menyempurnakan bisnis tersebut sesuai dengan karakter Anda.
  • Belilah hak utama. Yang dimaksud dengan hak utama adalah membeli hak utama bisnis franchise di kota Anda. Walaupun ini membutuhkan modal yang sangat besar tetapi tidak akan membuat Anda merugi jika dilakukan dengan benar. Jadi ketika ada pelaku bisnis yang ingin membuka franchise ini, maka harus dengan seijin Anda.

Pastikan Anda mempunyai jaminan kelengkapan produk. Kelengkapan barang/ produk seringkali mempengaruhi keinginan konsumen untuk melakukan transaksi di bisnis Anda. Selain itu, jika produk di bisnis Anda lengkap maka akan semakin banyak yang datang dan semakin banyak produk yang dibeli sehingga omzet yang akan Anda dapatkan juga lebih banyak.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513