November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bagaimana Meningkatkan Penjualan dengan Personalisasi?

By admin - Mon Feb 20, 3:44 pm

Bagaimana meningkatkan penjualan yang efektif? Bagaimana meningkatkan penjualan yang sesuai dengan esensi bisnis Anda? Mungkin pertanyaan itulah yang sering Anda kemukakan ketika Anda menjalankan sebuah bisnis dan mengharapkan ada perubahan ke arah kebaikan, yang berarti penjualan melebihi target Anda. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan Anda. Anda bisa memilih untuk promo terus menerus untuk menggapai pembeli baru, tentunya aktivitas ini memerlukan tambahan biaya yang tidak sedikit yang membebani operasional Anda.

Tetapi tahukah anda, bahwa anda dapat pula dengan mudah dan murah untuk meningkatkan penjualan dari bisnis Anda. Caranya adalah dengan “personalisasi” sehingga membuat pembeli dari produk anda dilayani dengan sentuhan pribadi. Lebih banyak orang akan membeli produk Anda ketika mereka merasa diperhatikan secara langsung kepada kebutuhan mereka tentang kebutuhan masing-masing. Tindakan kecil seperti memberikan bungkus istimewa atau mengirimkan tulisan tangan ucapan terima kasih karena sudah membeli produk Anda akan menambahkan sentuhan yang lebih pribadi dalam pengalaman belanja melalui gerai online Anda.

Bagaimana meningkatkan penjualan

Bagaimana meningkatkan penjualan dengan personalisasi? Perlu diingat, perpindahan dari jualan offline menjadi online tidak berarti sepenuhnya menghilangkan interaksi antara penjual dan pembeli. Dari jaman dahulu kala penjualan sukses di pasar merupakan kombinasi dari interaksi, keramahan dan kejutan yang menyenangkan (seperti diskon tambahan). Berapa kali kita dengar bahwa sebuah toko kecil dikenal karena keramah-tamahan penjualnya. Atau sebaliknya kadang kita mendengar ada pelanggan yang tidak menyukai pelayanan di swalayan, dan lain sebagainya.

“Personalisasi” merupakan cara yang jauh lebih murah dibandingkan harus melakukan akuisisi pembeli baru terus menerus. Karena melalui “personalisasi” niscaya pembeli akan mengkonversi dirinya menjadi “pelanggan” yang setia terhadap produk. Bayangkan jika Anda sudah memiliki basis 100 pelanggan, untuk meningkatkan penjualan 2x lipat tentunya akan lebih mudah  dengan “repeat order” dibandingkan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk akuisisi pembeli baru bukan? Sekarang jikalau Anda merasa tidak puas dengan penjualan Online Anda yang stagnan, mengapa Anda tidak mencoba memberikan personalisasi dalam transaksi “gerai/toko” online Anda?

Bagaimana meningkatkan penjualan gerai online Anda agar keuntungan tidak hilang dari hadapan Anda? Setelah dengan cara “personalisasi” tadi, Anda juga harus beriklan. Promosikan produk Anda baik lewat banner di situs web sendiri, juga dengan beriklan di situs membership. Juga bisa lewat dengan membeli space iklan di produk informasi pebisnis lain atau software. Iklan akan menggiring pengunjung untuk mendatangi situs web Anda.

Selain itu, Anda juga harus mengupdate produk Anda. Sesuaikan produk Anda dengan perkembangan kebutuhan dan selera pengunjung. Jika Anda merasa perlu, desain ulang produk Anda atau tambahkan beberapa hal terkini di dalamnya. Sangat baik jika perubahan yang dilakukan juga bertujuan untuk menjangkau pasar target market baru.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS