November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bagaimana Memulai dan Mengoptimalkan Bisnis Sampingan

By admin - Thu Jan 19, 3:38 pm

  • Comments Off on Bagaimana Memulai dan Mengoptimalkan Bisnis Sampingan
  • 533 views
  • Email
  • Print

Bisnis sampingan yang Anda pilih sebaiknya tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Bisnis sampingan idealnya harus dituntun dengan keinginan yang besar untuk mulai mengembangkan potensi diri. Orang-orang yang bekerja kantoran selalu tertarik untuk memulai usaha dan keluar dari baying-bayang bos mereka. Terlebih adalah adanya keinginan untuk bebas dari belenggu yang membatasi kebebasan mereka. Tetapi kenyataannya, memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha hanyalah merupakan langkah awal dari sebuah perjalanan panjang.

Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, akan ada banyak perencanaan yang terlibat, persiapan dan dalam beberapa kasus bahkan tentang birokrasi. Yang pertama harus Anda lakukan untuk memulai sebuah bisnis adalah persiapkan mental. Jika Anda berada dalam tahap pemula dan masih berada di dua tempat, yaitu pekerja kantoran dan keinginan kuat untuk memulai usaha, maka Anda harus segera menyiapkan mental Anda. Karena jika Anda sudah mempersiapkan dengan baik untuk segera terjun ke bisnis dan tahu apa yang akan Anda harapkan, maka bersiaplah untuk terjun dalam kehidupan wirausaha sesungguhnya. Sama seperti tumbuhan, bisnis harus selalu dipupuk, disiram, dilindungi dan dirawat. Namun jika Anda tidak peduli, maka tentu bisnis tidak akan terarah dan bahkan bisa gagal di tengah jalan.

Bisnis sampingan juga harus dilakukan dengan sikap toleransi terhadap keadaan Anda sendiri. Memulai usaha jauh lebih dari sekedar kata memulai saja. Ini adalah tentang memastikan bisnis tetap berjalan dan menguntungkan. Dan sebelum keuntungan tersebut datang, bagian yang sulit adalah bekerja keras agar bisnis Anda bertahan. Dan sukses adalah efek dari kerja keras Anda. Dalam memulai usaha, harus ditanamkan pada diri Anda bahwa Anda adalah bosnya dan Anda mempunyai tanggung jawab terhadap keputusan yang Anda ambil sendiri. Ide bisnis harus berdasarkan pada sebuah analisa dan fakta-fakta dengan kepala dingin, bukan hanya sekedar perasaan yang bisa memacu adrenalin Anda. Anda membutuhkan perencanaan yang sangat besar, kejelian dan juga kemampuan untuk membuat penilaian kualitas dalam situasi yangmenentukan. Jika Anda yakin situasinya, yakin terhadap keuangan Anda, ide bisnis Anda, pasar Anda dan yakin terhadap kemampuan diri sendiri, berarti Anda sudah siap untuk memulai bisnis.

Setelah Anda memulai bisnis, usahakan untuk membuatnya tahan lama. Agar bisnis Anda bisa bertahan dalam jangka waktu panjang, Anda harus benar-benar memiliki semangat untuk melakukannya. Karena tanpa gairah, bisnis Anda tidak akan bertahan lama. Tantangan untuk memulai bisnis harus Anda hadapi dengan tenang dan optimis. Awalnya Anda tetap harus merencanakan langkah-langkah khusus dalam memulai sebuah bisnis dan menjalankannya. Tahapan ini termasuk memeriksa hal-hal yang berhubungan dengan pemerintah. Misalnya, untuk ijin usaha, dan lain sebagainya. Anda harus telahmenyelesaikan rencana bisnis Anda pada titik ini. Bahkan jika Anda berniat mengajukan kredit, rencana bisnis Anda sangat penting untuk membantu Anda berpikir apa yang sebenarnya perlu Anda lakukan.

Bisnis sampingan adalah wajib hukumnya untuk mempunyai rencana bisnis. Rencana bisnis adalah peta jalan Anda menuju kesuksesan dan tanpa itu semua sulit untuk melacak naik turunnya sebuah usaha. Dalam tahap ini, Anda juga harus telah menyelesaikan tentang masalah harga. Pastikan Anda tidak terlalu berlebihan dalam menentukan harga. Pastikan tidak keluar dari harga pasaran dan sesuaikan dengan seluruh pengeluaran Anda.

Terakhir, Anda juga harus menaruh perhatian lebih pada pengembangan sikap dan karakter seorang pengusaha. Ada ketajaman bisnis tertentu yang diperlukan dalam usaha mencapai keberhasilan. Agar Anda mempunyai insting seorang pengusaha, Anda harus tetap focus, pantang menyerah, berintegritas, memiliki kejujuran dan selalu bersikap positif. Banyak membaca buku yang mencakup semua aspek seperti manajemen, pemasaran, ekonomi, pajak, dan lain sebagainya. Dengan banyak membaca akan membuat Anda tumbuh menjadi seorang pengusaha yang mempunyai wawasan luas.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Bagaimana Memulai dan Mengoptimalkan Bisnis Sampingan