November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bagaimana Caranya Bisa Bersaing dengan Brand yang Sudah Mapan?

By admin - Thu Apr 18, 4:24 pm

Bersaing dengan brand yang sudah mapan menjadi tantangan tersendiri untuk para pelaku usaha yang masih baru. Bersaing dengan brand yang sudah mapan mengharuskan kita sebagai pelaku usaha kecil untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha. Karena dengan memulai sebuah bisnis baru, maka seorang pelaku usaha harus mampu memikirkan kelangsungan hidupnya serta bersaing dengan usaha lain yang sudah lebih dulu mapan. Mungkin produk atau jasa yang diberikan memang tidak jauh berbeda, tetapi yang membedakannya adalah pangsa pasar. Pelaku usaha yang sudah mapan tentunya sudah mempunyai nama besar yang akan dengan mudah menarik minat konsumen dalam jumlah yang lebih besar pula. Untuk itulah para pelaku usaha kecil atau yang masih pemula harus pintar-pintar mengelola bisnisnya agar mampu dipercaya oleh calon konsumen.

Bersaing dengan brand yang sudah mapanBahkan sebelum bersaing, seringkali para pelaku usaha kecil ini merasa minder dan takut bersaing dengan para pelaku usaha yang sudah mapan. Padahal jika dilihat dengan lebih mendalam, kesempatan untuk bersaing secara sehat masih sangat terbuka. Cermati strategi marketing yang cocok untuk melancarkan persaingan sehat di pasar:

  • Mengobservasi persaingan. Karena kita juga perlu mengetahui bahwa persaingan usaha tidak selamanya buruk untuk perkembangan usaha kita. Karena terkadang kita bisa melihat kiat-kiat sukses dari para kompetitor kita. Istilahnya kita melihat mereka seperti mentor yang bisa ambil pelajaran dari perjalanan yang sudah terlebih dahulu dijalaninya. Selain itu, dengan melakukan observasi perbandingan kisaran harga, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menggapai segmen pasar yang cocok dengan jenis usaha anda dan pangsa pasar yang Anda bidik. Observasi barang dan jasa akan lebih mudah dan praktis melalui internet.
  • Tampilkan produk dan jasa yang unik dan menarik. Bersaing dengan brand yang sudah mapan harus bisa menunjukkan kreatifitas kita. Karena untuk menarik minat para konsumen, kita harus pintar-pintar membuat siasat yang jitu. Misalnya Anda membungkus produk Anda dengan kemasan yang menarik agar konsumen menjadi penasaran dan akhirnya membeli. Jadi, kemasan yang unik pun bisa menarik perhatian konsumen lebih banyak daripada kemasan yang biasa-biasa saja.
  • Jagalah hubungan baik dengan para konsumen. Ini merupakan salah satu kunci sukses bisnis. Karena jika konsumen merasa puas dengan usaha dan pelayanan Anda, maka dampak positif juga akan anda rasakan. Misalnya konsumen merasa puas dengan produk Anda, maka kemungkinan besar mereka juga akan kembali lagi membeli produk Anda dan bahkan bisa mengajak kenalan-kenalannya untuk ikut membeli produk Anda. Konsumen yang puas bisa menjadi media promosi gratis untuk usaha Anda.

Bersaing dengan brand yang sudah mapan memang tidak bisa dijalankan dengan mudah dan tanpa hambatan. Tetapi jika Anda berhasil melaluinya dan tekun menjalani bisnis dan promosi, maka akan tercapai juga kesuksesan yang Anda impikan. Karena pelaku usaha kecil juga berhak meraih kesuksesan besar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS