November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Aspek Pemasaran Usaha Kecil

By admin - Mon Jul 02, 4:32 pm

 

Pemasaran usaha kecil perlu digali lebih dalam sehingga bisa meningkatkan omset penjualan dan juga profit. Pemasaran usaha kecil harus berkutat dengan kurang luasnya jangkauan wilayah pemasaran dan juga lemahnya penetrasi pasar. Untuk itulah Anda harus mengatur strategi yang tepat sasaran dan mempunyai daya saing yang kuat. Agar pada akhirnya daya saing produk Anda kuat dan juga bisa Anda majukan sehingga akan menjadi usaha yang lebih besar.

Pemasaran usaha kecil

Anda harus meyakinkan konsumen agar mau mengeluarkan uang untuk membeli produk atau jasa Anda. Dengan strategi yang kuat, Anda bisa membuat usaha Anda diperhitungkan. Untuk dapat meyakinkan konsumen jika produk Anda memang layak dibeli, Anda harus melakukan beberapa aspek berikut ini. Aspek pertama adalah mendefinisikan visi, misi dan juga tujuan usaha Anda. Anda harus memahami visi, misi, dan tujuan usaha yang Anda buat. Hal ini akan menurun sampai ke karyawan terbawah Anda dan di sinilah Anda sebagai pemimpin usaha harus menggerakkan usaha sesuai dengan alur yang sudah Anda tetapkan. Alur inilah yang nantinya akan memudahkan Anda dalam menerapkan strategi yang paling tepat untuk usaha Anda. Dan strategi yang Anda pilih akan semakin terukur, memenuhi target atau tidak, apakah perlu penyempurnaan atau tidak, dan lain sebagainya.

Pemasaran usaha kecil juga mencakup aspek yang kedua yaitu menganalisa factor eksternal usaha Anda. factor eksternal ini meliputi factor lingkungan bisnis yang Anda tekuni. Dengan melakukan analisis atau pemetaan lingkungan bisnis Anda, maka Anda juga akan mampu menghasilkan kekuatan dan juga mengerti kelemahan pesaing. Dengan begitu, Anda akan mengetahui aspek mana yang ada celah dan bisa Anda masuki. Aspek ketiga adalah dengan memahami pelanggan. Karena usaha apapun tidak akan berjalan tanpa adanya konsumen. Konsumen adalah target utama yang harus kita peroleh. Untuk itulah Anda harus memahami konsumen atau target market Anda. Untuk bisa memahami konsumen, Anda harus melakukan riset pemasaran. Riset pemasaran adalah salah satu komponen yang ada di dalam strategi pemasaran. Anda bisa melakukan wawancara atau survey dengan paracalon konsumen untuk mengetahui keinginan dan harapan mereka.

Aspek keempat yang harus Anda ketahui adalah dengan menentukan target pasar. Menentukan target pasar bertujuan untuk membuat rel yang tepat agar Anda tidak salah menjual produk Anda. Walaupun usaha yang Anda kembangkan adalah usaha kecil, tetapi Anda juga harus mengarahkan usaha Anda ke kelas mana dan ke target market mana. Karena dengan mengetahui target market yang Anda inginkan, maka Anda akan mendapatkan nilai tambah yang bisa dijadikan pembeda dengan para pesaing Anda. Kekuatan differensiasi inilah yang nantinya akan membuat usaha Anda berkembang.

Pemasaran usaha kecil juga harus dilakukan berdasarkan aspek yang kelima, yaitu dengan menganalisa factor internal usaha kecil. Dalam aspek ini, Anda harus melakukan analisis 4P, yaitu price (harga), product (produk), promosion (promosi) dan place (saluran distribusi). Aspek keenam yang harus Anda pelajari adalah dengan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Jadi, Anda berinovasi berdasarkan dengan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh target market Anda. Jangan sampai Anda memproduksi produk atau jasa dengan kualitas bagus tetapi tidak dibutuhkan oleh konsumen. Untuk produk yang Anda produksi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu produk pendukung dan produk utama. Sebelum menentukan apa yang menjadi kebutuhan konsumen, Anda harus melakukan survey terlebih dahulu.

Aspek ketujuh adalah dengan menentukan harga produk. Harga merupakan aspek yang paling sensitive untuk konsumen. Jadi, pastikan Anda menetapkan harga yang masuk akal. Prinsip dalam menentukan harga sebuah produk adalah menghitung keseluruhan yang diperlukan dan ditambah dengan berapa persen laba yang Anda inginkan serta berapa tahun balik modal. Aspek kedelapan adalah dengan promosi produk. Anda bisa melakukan promosi tradisional atau promosi dari mulut ke mulut (word of mouth).

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS