December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Apakah Bisnis Kos- Kosan Sulit Dimulai?

By - Tue Oct 21, 4:18 pm

Memulai bisnis kos- kosan memang tidak murah. Memulai bisnis kos- kosan membutuhkan banyak sekali modal sehingga bisnis ini sangat cocok untuk Anda dengan keuangan mapan yang bingung harus memulai bisnis apa. Kos- kosan merupakan kebutuhan primer para mahasiswa yang merantau. Dilema menjadi anak perantauan adalah ingin mendapatkan kos yang nyaman, aman dan bersih. Ini merupakan tantangan yang harus Anda jawab jika Anda ingin memulai usaha kos- kosan. Karena selama ini masih banyak kos- kosan yang terkesan asal jadi tanpa mempertimbangkan faktor kenyamanan, kebersihan dan keamanan penghuni kos- kosan tersebut.

Memulai bisnis kos- kosanSeperti yang kita ketahui bersama, menjawak kebutuhan pasar adalah kunci untuk memikat hati konsumen yang merupakan dasar untuk bisa sukses berbisnis. Kos- kosan tidak hanya sekedar bangunan untuk menyimpan barang- barang dan untuk tidur semata tetapi juga untuk membuat badan mendapat istirahat cukup dan bersosialisasi dengan penghuni yang lain. Untuk membuka bisnis kos- kosan, pastikan Anda memilih lokasi yang strategis, seperti di dekat kampus, sekolah atau perkantoran.

Memulai bisnis kos- kosan selain masalah modal juga tentang tanggung jawab Anda sebagai pemilik kos. Anda harus memperhatikan kenyamanan penghuni kos Anda agar tidak ada yang komplain dan akhirnya merusak citra kos- kosan Anda. Nah agar tidak terjadi hal negatif tersebut, lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Pilihlah lokasi yang ideal. Ada beberapa pilihan lokasi ideal yang bisa Anda pertimbangkan, antara lain lokasi yang dekat dengan kampus atau perkantoran, lokasi yang tidak terlalu dekat kampus atau perkantoran tetapi mempunyai keistimewaan lain seperti aman dan nyaman, lokasi pusat kos- kosan, lokasi yang dekat dengan toko dan jalan raya, dan lain sebagainya.
  • Tentukan konsep dengan matang. Misalnya apakah konsep kos- kosan Anda khusus untuk pria, khusus untuk wanita, khusus untuk pasutri, khusus untuk mahasiswa dari daerah tertentu, dan lain sebagainya. Karena setiap konsep membutuhkan detail, penyediaan fasilitas dan pemilihan lokasi yang berbeda.
  • Survey lokasi. Di lokasi yang akan Anda bangun untuk kos- kosan, sebaiknya Anda lakukan survey sebaik dan sedetail mungkin. Pastikan Anda sudah mempunyai gambaran tentang area sekitar, termasuk rumah RT dan RW setempat. Yang paling penting adalah pastikan lokasi tersebut aman dari kejahatan.
  • Jika ingin mencari pengurus rumah kos, pastikan pengurus tersebut bisa dipercaya dan bisa diandalkan. Cek segala informasi yang berhubungan dengan calon pengurus rumah kos agar Anda tidak tertipu, apalagi jika lokasi kos dan rumah tempat tinggal Anda berbeda kota. Maka Anda harus menyerahkan tanggung jawab kos pada pengurus.
  • Buatlah aturan kos- kosan yang jelas dan tegas. Aturan ini meliputi jam malam, larangan membawa teman sejenis ke dalam rumah, larangan membawa obat- obatan terlarang, jadwal pembayaran kos, ijin membawa keluarga atau teman sejenis menginap, dan lain sebagainya.

Memulai bisnis kos- kosan memang membutuhkan tanggung jawab yang tinggi. Tetapi jika modal Anda sudah ada, bisnis ini memang sangat menjanjikan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513