November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Apa yang Dilirik Pasar Luar Negeri?

By admin - Wed Dec 05, 2:30 pm

Pasar luar negeri ternyata lebih menyukai produk-produk yang berbau klasik dan etnik. Tidak percaya? Salah satu contoh produk dalam negeri yang sudah merajai pasar luar negeri adalah kerajinan kulit kayu dari Bengkulu. Kulit kayu yang biasanya dianggap sebagai limbah, ternyata bisa disulap menjadi karya seni yang bercita-rasa tinggi. Tanah air kita tercinta sebenarnya menyimpan banyak sekali sumber daya alam yang melimpah dan tidak dimiliki oleh Negara lain. Hal ini seharusnya menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan menjadikan masyarakat Indonesia lebih bisa memanfaatkannya secara kreatif dan terarah. Karena modal utama untuk menjadi sukses sudah ada di depan mata, tinggal apakah kita bisa mengembangkannya menjadi sebuah peluang usaha atau tidak.

Pasar luar negeriSalah satu contoh yang bisa Anda ambil gambaran adalah limbah kulit kayu. Dengan limbah kayu, Anda bisa berkarya dan menciptakan aneka macam produk kerajinan. Jika di Bengkulu, Anda pasti akan banyak menjumpai kulit pohon lantung yang banyak ditemukan di hutan Bengkulu. Dulunya, kulit kayu lantung ini hanya dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai kayu bakar atau malah dibuang. Tetapi ternyata benda yang terbuang ini bisa menjadi sebuah karya seni yang bernilai seni tinggi, misalnya diproduksi menjadi aneka macam sandal, tas cantik, topi, gantungan kunci, tas laptop, tempat tissue, hiasan kaligrafi, taplak meja dan lain sebagainya.

Pasar luar negeri untuk produk dari kulit kayu lantung ini sangat luas. Bahkan masyarakat Desa Kinol di Bengkulu Selatan selalu memasok 500 sampai 1.000 lembat kulit pohon lantung ke beberapa pelaku usaha di daerah tersebut. Kulit lantung yang baik biasanya diambil dari umur kayu yang sudah 10 tahun. Hal ini selain untuk mempertahakan kualitas produk juga untuk menjaga kelestarian pohon lantung itu sendiri.

Jika Anda bisa mengusung produk Anda ke pasar Internasional, maka Anda juga akan meraup keuntungan yang maksimal. Bahkan bisa jadi 95% konsumen berasal dari pasar Internasional. Untuk pemasaran, Anda memang tidak boleh lengah sedikitpun. Anda harus bisa mengikuti berbagai macam event pameran, baik di tingkat local, Nasional maupun di Luar negeri. Karena dengan mengikuti pameran itu, Anda bisa mendapatkan timbal balik yang positif dari pasar dan juga baik untuk perkembangan usaha Anda. Beberapa pasar yang bisa Anda bidik karena menyukai produk artistic adalah Negara Korea, Jepang, Timur Tengah dan lain sebagainya. Pasar Indonesia juga bisa Anda bidik, misalnya pasar Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, dan kota-kota besar lainnya.

Pasar luar negeri akan lebih loyal terhadap produk handycraft atau kerajinan daripada produk modern. Modal utama yang Anda butuhkan minimal adalah Rp 10 juta.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS