November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Apa Kiat Sukses Bisnis Rumah Makan?

By admin - Mon Nov 19, 4:28 pm

Bisnis rumah makan tentunya mempunyai kiat tersendiri. Bisnis rumah makan ini membutuhkan pengelolaan yang terukur dan terencana dengan benar. Karena membangun dan mengelola bisnis rumah makan, entah itu usaha kecil maupun usaha besar, membutuhkan perhatian penuh dari pemiliknya. Karena memang kcintaan terhadap pekerjaan merupakan salah satu pendorong terkuat untuk kesuksesan bisnis ini. Jadi ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis, sebaiknya Anda mempunyai passion dan mau terlibat langsung di dalam bisnis ini. Di samping itu, Anda juga harus mempunyai strategi yang tepat dalam menjalankan jenis bisnis kuliner ini jika Anda ingin meraih kesuksesan.

Bisnis rumah makanSalah satu focus yang harus dijalankan adalah focus untuk membuat pelanggan happy, bahkan sejak datang pertama kali ke rumah makan Anda. Anda harus bisa membuat mereka senang dan bahagia sejak mereka datang, saat mereka menikmati suasana dan hidangan dan juga sampai mereka pulang dengan hati senang. Anda bisa berperan seolah sedang mengundang teman untuk makan di rumah. Coba pikirkan apa yang Anda harapkan dan lakukan ketika sedang mengundang teman? Pastinya Anda ingin membuat mereka merasa senang dan nyaman dengan rumah dan makanan Anda bukan? Begitupun dengan usaha rumah makan. Cobalah untuk membuat pelanggan Anda senang dimulai sejak mereka masuk rumah makan Anda.

Bisnis rumah makan harus bisa membuat para pelanggan dating dan pulang dengan hati yang senang. Nah, untuk bisa memastikan bahwa pelanggan puas dan senang, maka Anda juga harus tegas dalam membuat dan menjalankan aturan untuk bisnis Anda. Anda bisa melatih dan mengontrol staf-staf Anda dengan tegas agar bisa membuat para pelanggan Anda merasa senang. Misalnya Anda harus mempunyai target untuk selalu membuat pelanggan senang dan apabila hal ini dilanggar, maka Anda bisa menegur staf Anda tersebut.

Aturan main dalam mengatur sumber daya manusia juga sangat penting dalam bisnis ini. Karena setiap konsumen yang dating membawa personality yang berbeda-beda. Tetapi hal inilah yang menjadi tantangan staf Anda. Mereka harus mampu membuat para konsumen senang dengan pelayanan dan juga hidangan yang sudah disajikan. Aturan ini sudah jelas dan memang merupakan kunci sukses untuk mengelola usaha tempat makan atau restoran. Jadi, ketika Anda sudah mulai komit untuk membangun usaha ini, manajemen yang baik juga harus Anda jaga. Terapkan aturan yang tegas bagi para karyawan Anda.

Bisnis rumah makan selain memikirkan tentang manajemen yang baik juga harus memperhatikan kualitas makanan dan minumanyang disuguhkan. Apapun menu makanan yang Anda sajikan, Anda harus menghidangkannya sesuai dengan tujuan: apa yang ingin disampaikan sang chef melalui masakannya dan mengapa Anda menyajikan makanan tersebut. Tugas Anda sebagai pemilik tempat makan adalah untuk menganalisa setiap makanan yang disajikan. Jangan hanya berpikir bahwa Anda hanya terjun ke lapangan saja tetapi juga harus mau dan mampu bekerja keras dengan penuh kecintaan terhadap profesi dan usaha Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS