November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Ampuhnya Kekuatan Internet

By admin - Tue Dec 20, 11:20 am

 

Ampuhnya kekuatan internet sudah dirasakan beberapa tahun belakangan. Ampuhnya kekuatan internet juga sudah dilakukan dan dibuktikan oleh Presiden Amerika Barack Obama. Pada masa kampanye, Presiden Obama telah memanfaatkan media internet untuk membantu melakukan kampanye dan juga menggalang dana secara online. Kegiatan online itu telah memiliki banyak sekali dukungan dan dibuktikan dengan banyaknya komentar serta harapan masyarakat Amerika kepadanya. Presiden Barack Obama tidak hanya mempunyai satu social network saja, tetapi berbagai macam akun aktif, seperti Facebook, My Space, Linkedin, You Tube, Friendster, hingga Twitter.

Pada saat itu terjadi fenomena yang sangat mencengangkan dan hanya sedikit sekali masyarakat dunia yang mengamati kekuatan internet di sini. Saat itu, Presiden Obama, yang masih menjabat sebagai Senator Illinois, mampu mengalahkan Hillary Clinton, Senator New York, saat konvensi Partai Demokrat. Saat itu, dia menang atas John McCain dari Partai Republik dalam pemilihan 4 November. Saat pertarungannya dengan Hillary, Obama mengantongi dana 38 juta dollar AS selama kampanye dan hanya berutang 2 juta dollar AS. Adapun Hillary hanya memperoleh 6 juta dollar AS dan utangnya untuk kampanye membengkak 21 juta dollar AS. Hal ini tentu saja mengejutkan banyak pihak, karena ternyata kepopuleran Obama sudah sangat hebat.

Ampuhnya kekuatan internet membuat semua yang tadinya sulit didapat menjadi sesuatu yang bisa terjadi. Saat itu, Obama memanfaatkan internet. Obama memperoleh sumbangan dana kampanye lewat online hanya 5 dollar AS per orang, tetapi disumbang oleh jutaan orang. Hillary masih menggunakan pola lama berkampanye, termasuk mencari dana. Hillary melupakan faktor kunci dalam dunia baru politik di AS, yaitu jejaring sosial. Saat itu Obama sudah memanfaatkan facebook dan mampu berinteraksi dengan masyarakat Amerika, saat itu pula timbul kepercayaan masyarakat terhadap Obama. Itulah mengapa Obama lebih cepat terkenal dan mendapatkan kepercayaan di masyarakat Amerika, dan bahkan dunia.

Social network atau jejaring social memang sesuatu yang patut diperhatikan untuk mengambil hati masyarakat luas. Karena komunikasi public merupakan kunci untuk meraih kemenangan besar. Pada jaman dahulu ketika belum ditemukan internetpun media social telah memegang peran penting. Franklin Delano Roosevelt menggunakan radio pada jamannya dahulu dan John F Kennedy memanfaatkan televisi untuk menggapai kemenangannya. Kemudian dilanjutkan oleh Barack Obama yang mampu mengambil hari rakyat Amerika dengan menggunakan internet sebagai media social. Dia mulai secara rutin menyapa masyarakat akar rumput melalui teknologi komunikasi yang berkembang amat pesat. Saat itu ketika anda mengecek di Facebook, pasti banyak ditemukan grup pendukung Obama.

Ampuhnya kekuatan internet bukan hanya terjadi pada Presiden Amerika Barack Obama, tetapi juga pada pendahulunya, yaitu Howard Dean.Howard Dean yang menggunakan Meetup.com saat nominasi Partai Demokrat dalam pemilihan presiden tahun 2004. Dean saat ini berhasil mengumpulkan 27 juta dollar AS melalui online.

Selain di Amerika, di Indonesia juga sudah mulai tampak kesadaran berkampanye melalui internet. Bisa dilihat pamor calon Pemimpin Kota atau Kabupaten juga berlomba-lomba dinaikkan melalui internet untuk meraih simpati dan suara terbanyak. Dan hal tersebut juga berlaku pada produk yang dipasarkan secara online. Percayalah bahwa produk yang anda tawarkan melalui media internet akan lebih sukses daripada yang hanya melalui offline.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Ampuhnya Kekuatan Internet