December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Amankan Pengiriman Barang Online Shop Anda

By admin1 - Wed May 28, 4:52 pm

Pengiriman barang adalah salah satu faktor penting bagi usaha online shop. Pengiriman barang juga tidak lepas dari ancaman kerusakan di jalan atau selama proses pengiriman tersebut. Hal inilah yang membuat banyak pelaku usaha online khawatir. Sekarang ini memang sudah banyak jasa ekspedisi yang bisa Anda pilih dan sudah menjangkau ke seluruh pelosok negeri, tapi resiko ini tetap saja hadir menghantui pelaku usaha online shop. Bahkan ada juga kasus dimana barang tidak sampai ke tangan konsumen pun tidak kembali ke alamat pengirim.

Pengiriman barangJika Anda mengalami ketakutan yang sama atau pernah mengalami hal yang sama, berikut ini tips untuk menghindari resiko tersebut dan mencegah terjadinya kehilangan produk yang dikirim.:

  • Perhatikan dan pahami syarat dan ketentuan yang diberlakukan di setiap jasa ekspedisi sebelum Anda memilih satu diantaranya. Anda bisa melihat syarat dan ketentuan ini di slip pengiriman barang atau setiap bukti transaksi. Jangan langsung menanda-tangani slip pengiriman sebelum Anda membaca dan mengerti betul syarat dan ketentuannya. Jika Anda syarat dan ketentuan yang bisa merugikan Anda sebagai pelaku usaha, sebaiknya beralihlah ke jasa ekspedisi yang lain.
  • Berilah perlindungan ekstra pada barang yang akan dikirimkan. Pengiriman barang yang termasuk cukup rentan terkena goncangan atau kerusakan sebaiknya Anda beri perlindungan ekstra. Beberapa jenis barang yang dikategorikan mudah rusak adalah tablet, laptop, handphone, barang-barang pecah belah, barang-barang kerajinan, dan lain sebagainya. Cara untuk memberikan perlindungan ekstra adalah dengan menggunakan styrofoam atau buble wrap saat pengemasan. Atau Anda juga bisa memilih tipe packing kayu yang sudah disediakan oleh pihak jasa ekspedisi walaupun dikenakan biaya lagi.
  • Lengkapi produk Anda dengan asuransi. Caranya adalah ketika Anda memasukkan barang untuk dimasukkan ke jasa ekspedisi, Anda bisa memberitahu karyawan jasa ekspedisi jika Anda ingin menggunakan asuransi pada produk yang Anda kirimkan. Produk yang dilengkapi asuransi tentunya biaya kirimnya lebih mahal. Untuk menyiasatinya, Anda bisa bertanya pada konsumen apakah ingin menggunakan dengan asuransi atau tidak. Biaya asuransi dan pengiriman biasanya dibebankan pada konsumen, bukan Anda.

Pengiriman barang ke seluruh Indonesia ini harus dipilih secara hati-hati. Anda tak harus mencari jasa ekspedisi yang paling mahal jika produk Anda aman atau tidak mudah pecah. Misalnya jika Anda menjual produk fashion atau buku, Anda bisa menawarkan beberapa jasa ekspedisi yang bisa dipilih oleh konsumen Anda. Biarkan mereka memilih sendiri jasa ekspedisi mana yang akan mereka gunakan dan berikan daftar harga seberat produk yang dibeli si konsumen tersebut. Dengan begitu, tidak ada salah faham antara Anda dan konsumen. Salam sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513