November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Alasan Online Shop Sepi Pengunjung

By admin - Fri May 31, 4:56 pm

Sepi pengunjung merupakan salah satu penyebab runtuhnya suatu usaha. Sepi pengunjung ini kini juga menghantui para pelaku usaha online shop. Masyarakat yang menggunakan internet memang semakin banyak dan mereka sudah mulai faham dan familiar dengan online shop. Mulai banyak pengguna internet yang menyadari kelebihan online shop daripada cara belanja konvensional, misalnya bisa melakukan transaksi jual-beli dari depan layar computer, tanpa harus keluar rumah untuk mendapatkan barang idaman, dan lain sebagainya. Lalu, jika memang prospeknya bagus sekali, mengapa masih ada noline shop yang gulung tikar? Berikut ini 3 kesalahan yang dilakukan oleh pelaku bisnis yang berimbas pada sepinya konsumen mereka:

Sepi pengunjung

  • Website Anda kurang terawat. Sepi pengunjung di dunia maya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di dunia nyata. Pengunjung atau calon konsumen di dunia maya akan lebih senang berkunjung ke online shop yang produknya selalu up to date serta mempunyai tampilan yang cukup menarik pada websitenya. Untuk itulah, mulai sekarang Anda harus bisa membuat website Anda up to date dengan produk-produk baru serta menampilkan informasi yang relevan terkait usaha Anda dan dengan desain yang menarik tentunya. Jika Anda sudah memanjakan konsumen Anda dengan website yang lengkap dan menarik, maka tingkat ketertarikan dan kepercayaan konsumen juga akan naik. Karena biasanya ketika seseorang melihat tampilan website yang kurang terawatt, dia akan menilai bahwa pengelola website tersebut kurang pofesional dan kurang terpercaya. Akibatnya, mereka akan mencari website atau online shop lain yang lebih terlihat professional dan bisa dipercaya.
  • Contact person sang penjual sulit untuk dihubungi. Di semua website atau online shop pasti menampilkan contact person. Tetapi tidak sedikit contact person yang ditampilkan tersebut susah dihubungi oleh calon pembeli, entah itu melalui sms, telepon atau BBM. Selain tidak bisa dihubungi, masalah serupa adalah tidak adanya balasan dari yang bersangkutan. Padahal contact person inilah yang menjadi jembatan penghubung antara calon pembeli dengan pelaku usaha online tersebut. Untuk itulah Anda harus aktif dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan melalui contact person yang sudah Anda tampilkan di website Anda. Hal ini untuk menghindari calon konsumen lari ke kompetitor Anda. Pastikan konsumen merasa dihargai dan diberikan pelayanan dengan baik dan professional.
  • Jarang update di sosial media. Sepi pengunjung juga dipengaruhi oleh aktivitas pelaku usaha di sosial media, seperti Facebook dan twitter. Anda mungkin tidak heran jika banyak sekali pelaku usaha yang memanfaatkan media facebook dan twitter untuk melancarkan aksi marketing mereka. Tetapi ada beberapa pelaku usaha yang hanya bersemangat melakukan update pada awal-awal pembentukan online shop nya. Begitu waktu berlalu, frekuensi update-an mereka menjadi berkurang atau hilang sama sekali. Entah itu karena bosan melakukan update dan promosi atau memang online shop nya sudah tutup. Padahal hal ini bisa menimbulkan rasa curiga bagi calon konsumen atau pelanggan. Karena dengan jarang melayani dan update produk-produk baru melalui sosial media akan memberi kesan bahwa pelaku usaha tersebut tidak professional sehingga mereka juga urung melakukan transaksi di online shop tersebut.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS