August 30 2014
  • 1
Jakarta, ID - 27 °CPartly Cloudy - Humidity: 79%
Advertisement

Alasan Memilih Wirausaha

By admin - Tue Jul 10, 8:38 am

Alasan memilih wirausaha sangat beragam dari satu orang ke orang yang lain. Alasan memilih wirausaha ini menjadikan banyak orang berbondong-bondong memasuki dunia wirausaha sebagai pilihan daripada melamar di perusahaan-perusahaan. Atau bahkan ada beberapa orang yang sudah mapan dengan pekerjaannya di sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan memilih untuk menjalani wirausaha dan keluar dari kantornya tersebut. Apapun tujuan masing-masing orang, tetapi yang pasti wirausaha memang menyimpan banyak sekali alasan yang bisa digali dengan kesempatan kesuksesan yang maksimal.

Alasan memilih wirausahaJiwa wirausaha merupakan sesuatu yang langka dan tidak bisa dimiliki oleh semua orang tetapi bisa dipelajri. Wirausaha membutuhkan tekad dan keberanian yang kuat untuk menghadapi halangan yang datang. Anda harus mempunyai komitmen yang kuat dan mampu bersusah-payah dahulu di awal usaha untuk menuai kesuksesan di akhir. Karena tekad dan kemauan yang kuat adalah modal utama dalam membangun sebuah usaha. Lalu mengapa tugas berat ini justru menarik banyak minat bagi masyarakat? Karena masyarakat sekarang sudah mampu melihat kesempatan yang ada di balik kesusahan tersebut. Di Indonesia sendiri, sector usaha kecil dan menengah sudah terbukti mampu bertahan terhadap deraan krisis keuangan global. Banyak sekali mantan karyawan perusahaan yang terkena imbas PHK yang berbondong-bondong membuka usaha baru. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan atau alasan yang menjadikan wirausaha semakin diminati oleh masyarakat.

Alasan memilih wirausaha yang pertama adalah merdeka secara financial. Dengan menjadi seorang pegawai, seberapapun banyaknya gaji tersebut, tetap mempunyai batasan maksimal gaji. Berbeda dengan kenaikan profit pada sebuah usaha, memang tidak bisa diprediksi tetapi mampu membuat pemilik sangat menikmati kesuksesan ini ketika ada profit yang masuk. Jika gaji karyawan tidak akan bisa mengimbangi kenaikan harga-harga kebutuhan hidup yang makin meningkat, maka dengan berwirausaha Anda bisa memperoleh loncatan-loncatan yang sangat berharga di dalam hidup Anda. Setiap profit yang Anda hasilkan akan membuat usaha dan kehidupan Anda semakin terarah dalam sebuah kesuksesan yang nyata.

Alasan yang kedua adalah merdeka waktu. Dengan mempunyai usaha sendiri, seseorang mempunyai jam kerja yang lebih bebas karena tidak terikat jam kantor. Terlebih jika bisnis yang Anda jalankan sudah berjalan seimbang dan lancar, Anda bisa mencari pegawai yang cakap dan bisa menangani bisnis Anda. Jadi, Anda semakin mempunyai waktu yang luas untuk melakukan aktivitas lain atau bahkan mengembangkan usaha yang lain. Tetapi yang perlu diingat adalah disiplin dan tanggung jawab akan lebih tinggi di bidang wirausaha daripada kerja di kantor.

Alasan memilih wirausaha yang ketiga adalah dengan mewujudkan cita-cita hidup. Banyak sekali orang yang ingin bisa membuka kesempatan atau lapangan pekerjaan untuk orang lain dan hidup sejahtera dari segi financial. Dengan menjadi seorang wirausaha, maka kesempatan untuk mencapai titik tersebut akan lebih besar daripada menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Di dalam berwirausaha, yang harus Anda kembangkan adalah motif berprestasi. Karena kesuksesan dalam wirausaha merupakan prestasi yang harus Anda kembangkan sendiri. Jadi, intinya, kesuksesan yang akan Anda dapatkan tergantug pada Anda sendiri, bukan ditentukan oleh orang lain. Jadi, sebesar apa usaha yang Anda lakukan, maka sebesar itulah profit yang akan Anda dapatkan. Jadi, jangan patah semangat dan cepat puas dengan usaha yang Anda jalankan.

Semangat berkompetisi dengan sehat juga hal yang harus Anda miliki. Persaingan yang ketat membutuhkan kemauan dan juga tekad yang keras serta kesanggupan Anda berpacu dengan keunggulan. Jadi, siapkah Anda berwirausaha?

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement