November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

9 Kiat Berbisnis lewat Social Media

By admin - Tue Dec 20, 10:01 am

  • Comments Off on 9 Kiat Berbisnis lewat Social Media
  • 982 views
  • Email
  • Print

9 kiat berbisnis lewat social media bisa dimanfaatkan sebagai media untuk memupuk bisnis. 9 kiat berbisnis lewat social mediamenurut penelitian, sangat baik untuk para pekerja yang ingin menambah usaha sampingan. Logikanya, karena mereka mempunyai keterbatasan waktu untuk melakukan promosi, maka social media menjadi sarana yang tepat. Jadi dengan menggunakan blog, facebook, twitter, dan social media lainnya akan membuat mereka lebih mudah untuk memantau perkembangan bisnis mereka.

Perlu kita ingat bahwa social network merupakan ajang bersosialisasi. Jadi, kita tidak mungkin mengharapkan masyarakat langsung tertarik dan membeli produk anda. Sebaiknya, anda harus melakukan pendekatan dan secara perlahan membuat mereka dekat dengan anda dan kemudian tertarik untuk membeli. Jadi, intinya adalah kita harus bersosialisasi panjang lebar untuk mendapatkan pelanggan.

9 kiat berbisnis lewat social media agar penjualan anda meningkat adalah sebagai berikut. Kiat yang pertama adalah pilih hanya satu blog. Di luar sana memang banyak sekali jenis blog yang tersedia. Namun, anda sebaiknya hanya memilih satu saja. Blog seperti halnya toko yang harus anda kelola dengan baik dan focus. Jika anda mempunyai banyak blog sama dengan mempunyai toko yang banyak yang akan membuat anda menjadi keteteran. Kiat ke dua adalah membuat tampilan blog yang bagus. Anda tidak perlu membuat blog yang aneh atau complicated. Ciptakan blog yang kreatif dan juga mudah dipahami. Jadi, masyarakat akan lebih cepat mengerti pesan dan kesan yang ingin anda tunjukkan.

Kiat ke tiga adalah hindari melakukan promosi dengan mengirimkan pesan atau gambar ke wall seseorang, melakukan tag gambar (facebook), maupun mention (twitter). Dunia mayapun mempunyai peraturan dan etika yang sama dengan dunia nyata. Jika anda sering mengirim wall atau melakukan tag dan mention ke wall seseorang, itu sama seperti anda mengotori halaman rumah mereka. Kecuali jika memang ada yang minta di-tag, baru anda tag. Prinsip etika ini harus anda perhatikan baik-baik.

9 kiat berbisnis lewat social media yang ke empat adalah berpromosi diwaktu yang sudah ditentukan di mailing list. Tujuannya sama dengan kiat ke tiga, yaitu untuk menjaga etika di dunia maya. Anda harus menentukan waktu yang tepat agar calon konsumen tidak merasa terganggu. Kiat ke lima adalah latih kemampuan anda menggunakan twitter. Penggunaan kata di twitter hanya dibatasi sampai 140 kata saja. Untuk itu anda harus mensiasati cara agar pesan yang ingin anda sampaikan tetap sampai dengan batasan huruf tersebut. Selain itu, pelajari juga cara agar jika anda orang yang ingin me-retweet anda juga tidak terpotong. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak berlatih.

Kiat ke enam adalah cepat tanggap. Social network adalah adalah kehidupan yang terus berjalan dan berubah bahkan dalam hitungan detik. Untuk mengikutinya, anda juga harus siap mengikuti perkembangannya setiap detik atau menjadi responsive. Misalnya ada yang menulis komentar atau me-retweet akun anda, maka secepatnya anda juga harus merespon. Kiat ke tujuh adalah car follower sebanyak-banyaknya. Di sini secara otomatis akan terjadi pula pola pemasaran lain, yaitu jika salah satu follower puas dengan produk kita, maka dia akan me-mention produk kita. Kiat ke delapan adalah belajar dari pebisnis lain yang sudah berhasil. Coba anda cari dan perhatikan social network yang mereka miliki dan cari letak perbedaannya. Ketika anda melakukan promosi pada satu produk, jangan menawarkan produk tersebut secara fisik. Coba tawarkan kelebihan dan manfaat yang dimilikinya, pasti masyarakat lebih tertarik. Kiat terakhir adalah selalu minta pendapat dari pelanggan. Jangan bosan untuk meminta saran dan kritik dari para pelanggan sehingga andapun bisa memperbaiki produk anda. Jika pelanggan anda puas dengan produk dan pelayanan anda, maka mereka akan melakukan promosi tanpa harus kita minta.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on 9 Kiat Berbisnis lewat Social Media