November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

3D Paper Semakin Digemari

By admin - Wed Dec 19, 2:17 pm

3D paper merupakan kerajinan tangan yang mulai digmari oleh masyarakat. 3D paper mulai diperkenalkan setelah istilah origami mencuat. Origami atau seni melipat kertas dari Jepang mulai terkenal di seantero dunia karena keunikan dan keindahannya. Bisa awalnya seni kerajinan ini hanya terkenal di Jepang, maka sekarang setiap kita menyebut origami, pasti kita sudah langsung tahu dan membayangkan keindahannya. Dan sekarang kreasi ini sudah mengalami kemajuan. Kreasi origami ini sudah mulai berinovasi menjadi model kertas 3D (ichi no gami) yang artinya kerajinan tangan berbentuk 3 dimensi yang dibuat dari kertas.

3D paperJenis kreasi kertas ini tidak hanya berkembang di Negara asalnya, tetapi juga di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dan kerajinan ini ternyata sudah mulai digemari oleh banyak masyarakat dengan model yang beragam dan paper toy. Bahkan saking banyaknya yang mengkreasikan kerajinan tangan ini, ada yang mulai mengembangkannya menjadi sebuah peluang usaha yang sangat potensial.

3D paper mempunyai teknik pembuatan yang lumayan menyenangkan dan asik, antara lain meliputi pengguntingan pola, melipat, menempel sampai pada membangun sebuah kurva. Tahapan-tahapan mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Bahkan konsumen yang menyukai produk ini tidak hanya anak-anak saja tetapi juga orang dewasa. Tidak hanya itu, bahkan sudah mulai banyak perusahaan dan instansi besar yang mulai melirik produk ini untuk dijadikan sebagai mascot atau souvenir perusahaan. Dengan begitu, tentunya Anda juga tidak boleh menyia-nyiakan hal tersebut. Peluang ini sangat terbuka lebar.

Bahkan bisa dikatakan jika bisnis ini cukup murah jika dibandingkan dengan kerajinan yang lain. Karena bahan utamanya adalah kertas yang bisa dengan mudah didapatkan. Beberapa peluang usaha yang bisa Anda jalankan adalah toko yang menyediakan kebutuhan papercraft, menjadi desainer paper model, penyedia jasa printing sampai menjadi paper model builder. Peluang usaha ini bisa Anda masuki yang mana harus sesuai dengan minat dan bakat Anda. Misalnya jika Anda Ibu rumah tangga atau karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda bisa memulai dengan membuka toko yang menyediakan kebutuhan papercraft.

3D paper memang bisnis yang belum diketahui oleh banyak orang. Bahkan dengan modal yang relative kecil, Anda bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 1 juta sampai Rp 5 juta per model yang Anda ciptakan. Presentase keuntungan yang bisa Anda dapatkan bisa mencapai angka 75%. Anda tidak harus membuat desain sesuai dengan Negara asal origami. Karena Anda bisa berkreasi dengan budaya kita sendiri, misalnya membuat model reog ponorogo, wayang, dan lain sebagainya. Atau Anda juga bisa membuka pesanan sesuai dengan permintaan konsumen.

Anda juga bisa menjual produk ini secara online. Walaupun harga yang dipatok sangat terjangkau, tetapi jika Anda sudah dikenal masyarakat luas, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Biasanya untuk pola paper model yang desainnya sederhana, Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 5.000 per model. Sedangkan untuk model 3D yang membutuhkan 2 lembar kertas dengan esain yang sulit, Anda bisa membandrol harga Rp 7.500 per model. Nah untuk model yang menggunakan 3 kertas, Anda bisa membandrol harga Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS