November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

3 pengeluaran ekstra akibat terbawa emosi

By admin - Fri Dec 23, 3:39 pm

  • Comments Off on 3 pengeluaran ekstra akibat terbawa emosi
  • 977 views
  • Email
  • Print

 

3 pengeluaran ekstra akibat terbawa emosi terkadang membutuhkan pengelolaan uang yang seharusnya sederhana saja. 3 pengeluaran ekstra akibat terbawa emosi seringkali terjadi ketika ada banyak diskon bertebaran di supermarket. Anda bisa menggunakan manajemen amplop untuk menyiapkan segala pengeluaran Anda. Anda bahkan bisa menyiapkan amplop khusus untuk biaya tak terduga. Meskipun sudah melakukan manajemen amplop ini, kadang-kadang Anda masih kerepotan membangun fondasi keuangan yang kokoh. Penyebabnya tak lain karena ada sisi emosional yang terlibat.

Keputusan yang dilandasi emosi biasanya selalu berakibat buruk. Contoh pertama akibat emosi adalah berganti bank. Program-program menggiurkan yang ditawarkan bank dalam berbagai iklannya memang membuat Anda tergoda untuk menutup satu rekening di satu bank dan membuka rekening di bank yang lain. Sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah memikirkan untung-ruginya. Bila niat Anda untuk mengurangi biaya-biaya yang menjadi tanggungan Anda, cari informasi mengenai hal tersebut. Jika yang Anda incar adalah bunga tabungan yang lebih baik, hitung juga berapa yang akhirnya akan Anda dapatkan nantinya.

3 pengeluaran ekstra akibat terbawa emosi yang ke dua adalah membeli rumah yang lebih besar daripada yang anda perlukan. Ketika harga rumah cenderung naik, banyak keluarga yang justru membeli rumah yang lebih besar dan lebih mahal. Mereka khawatir, jika tidak segera membeli, harga akan terus naik. Apakah Anda mampu atau tidak mampu membayar cicilannya, sebenarnya kelebihan harga tersebut bisa Anda gunakan untuk hal yang lain bukan? Pada saat seperti itu, mengontrak rumah bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Atau, Anda membeli rumah di lokasi yang harganya belum terlalu mahal. Pilihan lain adalah dengan menawar harga rumah tersebut serendah mungkin, namun tentunya hal ini berlaku jika Anda ingin membeli rumah bekas.

Contoh ketiga adalah tidak mau kalah dengan “tetangga”. Ketika rekan kerja Anda membeli ponsel baru, atau mobil baru, mendadak ponsel atau mobil Anda terkesan ketinggalan zaman. Hal ini memang wajar. Contohnya yang lebih mudah adalah ketika teman Anda berbelanja baju-baju baru. Anda pasti akan menginginkannya juga. Cara terbaik untuk mencegah pengeluaran yang tidak diperlukan adalah dengan bertanya pada diri sendiri, apakah Anda memang membutuhkannya. Atau, bisakah Anda menunda pembelian barang tersebut hingga menerima bonus atau setelah tabungan mencukupi?

3 pengeluaran ekstra akibat terbawa emosi memang pada awalnya terlihat menguntungkan. Bagaimana tidak? Karena Anda selalu merasa bisa menyaingi orang lain. Anda bisa meningkatkan gengsi Anda. Tetapi sama saja jika gengsi Anda tidak sesuai dengan budget yang Anda miliki, maka pada akhirnya hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Sebenarnya bukan hanya gengsi terhadap kebutuhan yang besar, tetapi juga tentang belanja bulanan yang biasanya dilandasi oleh emosi untuk membeli apa yang diinginkan. Berbelanja di supermarket bisa jadi agenda bulanan Anda, terutama setelah gajian. Malah terkadang Anda bisa lebih dari satu kali dalam sebulan datang ke supermarket. Ketika berbelanja, wanita terkadang tidak bisa mengontrol diri untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Apalagi pihak supermarket pintar membuat pembeli tergoda dengan memberikan diskon atau penawaran harga menarik. Ketika hal di atas terjadi, alhasil budget belanja bulanan pun jadi membengkak. Anda semakin 'terjebak' pada godaan diskon di supermarket.

usahakan Anda menyempatkan diri untuk membuat menu makanan harian. Menu tersebut sangat berguna agar Anda tahu bahan masakan apa saja yang perlu dibeli di supermarket dan bisa disimpan dalam waktu lama. Membuat daftar belanja juga sebaiknya Anda lakukan sebelum berbelanja ke supermarket. Daftar belanja ini bisa membuat Anda tidak lupa barang apa saja yang harus dibeli, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik ke supermarket. Dengan kembali ke supermarket, kecenderungannya Anda bisa belanja lagi lebih banyak. Tak hanya itu, daftar belanja juga bisa membuat Anda fokus pada barang yang dibutuhkan. Daftar tersebut bisa menahan Anda dari godaan membeli barang yang sebenarnya tidak perlu.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on 3 pengeluaran ekstra akibat terbawa emosi