November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

“Social Media” Memudahkan Riset Produk

By admin - Tue Dec 20, 10:08 am

  • Comments Off on “Social Media” Memudahkan Riset Produk
  • 1048 views
  • Email
  • Print

“Social media” memudahkan riset produk adalah penjabaran dari manfaat social network. “Social media” memudahkan riset produk sehingga produsen bisa mengembangkan produknya. Karena dengan menilik social media, para produsen bisa dengan mudah mengetahui gambaran pasar dari pendapat dan komentar konsumen. Dengan bantuan social network tentu riset yang biasanya dilakukan untuk melihat respon masyarakat pada produk yang baru saja diluncurkan sudah tidak perlu biaya mahal lagi.

Sebelum maraknya social network, biasanya sebuah perusahaan menentukan riset atau melakukan survey dengan memakan biaya yang cukup mahal. Selain itu, tingkat keefektifannya kurang karena hasilnya baru bisa diketahui setelah dua atau tiga bulan. Jadi, kehadiran social network berhasil memangkas biaya, waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan respon dari masyarakat tentang suatu produk. Evaluasi produk bisa diketahui dari komentar-komentar netizen, di mana kurangnya produk tersebut. Jadi bisa menggantikan fungsi riset sebelumnya. Netizen merupakan sebutan untuk masyarakat di dunia maya.

“Social media” memudahkan riset produk juga mempermudah penetrasi pasar. Hal ini terjadi karena di social network, masyarakat sering membicarakan produk tersebut bersama komunitasnya. Lama kelamaan, proses tersebut akan meningkat menjadi promosi yang dilakukan oleh konsumen. Tetapi biaya promosi sekarang juga berkembang tidak hanya untuk 100% promosi, tetapi juga untuk mengumpulkan netizen. Netizen sebuah produk tertentu harus disediakan ruang untuk bisa berkumpul di dunia nyata dan membentuk komunitas sendiri. Jika hal ini berhasil, maka konsumen produk anda akan semakin solid.

Strategi kampanye atau promosi sebuah perusahaan mulai diubah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yaitu dengan membangun kedekatan secara emosionil dengan produk yang ditawarkan. Misalnya untuk produk handphone. Produsen handphone berlomba-lomba menciptakan social network yang bisa dinikmati melalui handphone, yaitu chatting, facebook, twitter, dan lain sebagainya.

“Social media” memudahkan riset produk dan juga membentuk komunitas pengguna suatu produk. Misalnya operator selular mempunyai promo yang berlaku bagi para penggunanya yang sudah berlangganan suatu komunitas. Hal ini akan membuat masyarakat berbondong-bondong membeli produk tersebut karena tergiur oleh harga promo yang menggiurkan.

Selain membantu mengawasi jalannya peredaran produk, social network juga sangat laris jika digandeng dengan produk itu sendiri. Biasanya yang banyak menggunakan promosi ini adalah produsen kartu seluler dan juga handphone. Untuk kartu seluler, biasanya disediakan bonus khusus yang bisa digunakan untuk berinteraksi di dunia maya, sedangkan untuk handphone biasanya disediakan fitur seperti messenger, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri terhitung mempunyai pengguna social network aktif yang sangat banyak dan terus berkembang. Berbagai macam komunitas dan diskusi mulai sering diadakan di internet. Hal ini tentu akan menjadi peluang tersendiri untuk beberapa bisnis terkait.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on “Social Media” Memudahkan Riset Produk